Dari Bukit Kapur Hingga Pantai Pasir Putih, Ini Keindahan Wisata Alam Madura yang Wajib Dijelajahi

Dengan wisata alam Madura yang khas, pulau ini menyajikan beragam destinasi menarik untuk dinikmati oleh para pengunjung.

Pulau Madura di Jawa Timur memiliki banyak pesona wisata alam yang memikat. Dengan wisata alam Madura yang khas, pulau ini menyajikan beragam destinasi menarik untuk dinikmati oleh para pengunjung. Mulai dari bukit kapur hingga pantai pasir putih, berikut adalah beberapa pesona wisata alam yang dapat ditemukan di Pulau Madura.

1. Pulau Gili Labak

Terletak di sebelah timur Pulau Madura, Pulau Gili Labak adalah surganya para pecinta alam dan snorkeling. Terpisah dari Pulau Madura, pulau ini menawarkan perpaduan sempurna antara hamparan pasir putih, air laut yang biru, dan terumbu karang yang indah. Suasana tenang dan sepi di Pulau Gili Labak menjadikannya tempat yang cocok untuk bersantai dan melepaskan penat.

Selain menjadi lokasi snorkeling dan diving yang menyenangkan, wisatawan juga sangat menantikan momen matahari tenggelam di Pulau Gili Labak. Warna-warna langit yang mempesona menciptakan pemandangan yang indah dan romantis, menjadi momen yang sempurna untuk menikmati keindahan alam pulau ini.

2. Bukit Jaddih

Wisata Alam Madura (via Penginapan)

Bukit kapur ini terletak di Kabupaten Bangkalan, Madura. Banyak pengunjung yang menyamakan Bukit Jaddih ini dengan Kapadokia, tempat wisata populer di Turki karena warna kecokelatan pada bukit kapur Jaddih serupa dengan batu-batu bersejarah di kawasan Kapadokia.

Di sini pengunjung akan merasa berada di suasana alam yang benar-benar berbeda sehingga bukit kapur ini menjadi salah satu destinasi wisata fotogenik yang diminati banyak wisatawan. Meskipun begitu, Bukit Jaddih merupakan kawasan tambang kapur yang masih aktif.

3. Pantai Lombang

Wisata Alam Madura (via Tripadvisor)

Salah satu destinasi wisata alam Madura yang populer adalah Pantai Lombang. Pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang tenang sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi dan panorama laut yang luas.

4. Air Terjun Toro’an

Wisata Alam Madura (via Pinhome)

Lokasinya yang terletak di tepi Pantai Nepa Madura menjadikan lokasi wisata ini sangat mudah di akses. Air Terjun Toroan memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dengan debit air sangat deras dan aliran airnya langsung menuju Pantai Nepa, Madura. Inilah pesona keindahan air terjun ini, karena jarang terdapat air terjun yang lokasinya berdampingan dengan pantai.

5. Pantai Sembilan

Wisata Alam Madura (via Tripadvisor)

Pantai Sembilan berada di pulau Gili Genting, Sumenep. Pantai Sembilan memiliki pesona dengan perpaduan pantai yang luas dan berwarna putih bersih, laut yang biru, serta langit biru yang indah, menjadikannya tempat yang sangat cocok untuk berfoto. Air laut yang jernih juga membuat pantai ini menjadi tujuan snorkeling. Selain itu, di sini juga tersedia water sport yang bisa dicoba, seperti menaiki banana boat.

6. Pantai Tlangoh

Wisata Alam Madura (via Portal Wisata)

Pantai Tlangoh adalah destinasi wisata alam populer yang terletak di Kabupaten Bangkalan. Pantai ini menawarkan pesona pantai yang eksotis dengan hamparan pantai pasir putih dan air yang jernih dengan ombak yang sangat cocok untuk bermain air. Di sini, pengunjung juga dapat mencoba mengendarai All Terrain Vehicle (ATV) yang disewakan untuk mengelilingi pantai.

Uniknya lagi, pantai ini didesain dengan konsep milenial, lengkap dengan tempat duduk, ayunan beraneka warna, hingga tempat nongkrong yang asyik banget. Tiket masuknya pun sangat terjangkau sehingga cocok untuk semua kalangan.

Tak dapat disangkal, wisata alam Madura memang menawan dan beragam. Dari pantai-pantai indah hingga perbukitan yang menakjubkan, pulau ini menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi para wisatawan yang mencintai keindahan alam. Marilah jelajahi dan nikmati pesona alam Pulau Madura yang memikat hati. Selamat berlibur!

Wisata Alam Madura (via Pantainesia)