Bisa Mempererat Bonding, Ini 4 Ide Kegiatan Ayah dan Anak yang Seru Banget

Yuk intip ide kegiatan ayah dan anak yang nggak cuma seru tapi juga bisa mempererat hubungan keduanya!

Setiap anak tentu membutuhkan sosok ayah di masa pertumbuhannya. Karena itu, ayah harus dekat dengan anak-anaknya agar anak menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan berintegritas. Maka dari itu, orangtua wajib tahu apa saja ide kegiatan ayah dan anak demi mempererat bonding.

Di tengah kesibukan pekerjaan, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar ayah dan anak memiliki hubungan yang dekat. Apa saja? Berikut ini daftarnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bercerita

Mendengarkan cerita adalah hal yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Karena itu, ayah dianjurkan untuk menceritakan berbagai macam cerita pada anaknya. Tidak harus dongeng, bahkan pengalaman masa kecil ayah pun tidak masalah jika mau diceritakan.

Ayah dan anak bisa melakukan kegiatan ini secara bergantian, hari ini ayah bercerita, besok anak juga harus bercerita tentang kegiatan. Dengan begitu, ayah dan anak tidak hanya menjadi dekat tapi kemampuan komunikasi dan imajinasi anak juga ikut meningkat.

2. Menggambar dan Mewarnai

Ide Kegiatan Ayah dan Anak (via DokterSehat)

Selain bercerita, menggambar dan mewarnai juga bisa menjadi ide kegiatan seru antara ayah dan anak. Biarkan anak mewarnai gambar sesuai dengan warna yang dia suka. Kegiatan ini bisa melatih kemampuan motorik halus, visual, dan kreativitasnya lho.

3. Bernyanyi dan Berjoget

Ide Kegiatan Ayah dan Anak (via Parenting Bunda Erysha)

Selanjutnya ayah juga bisa mengajak si Kecil bernyanyi dan berjoget. Putar lagu-lagu kesukaan anak, lalu buat gerakan yang mudah dilakukan bersama-sama. Kegiatan ini bisa melatih koordinasi motorik dan pendengaran anak. Merekam kegiatan ini juga boleh banget lho. Nantinya bisa ditonton kembali sebagai kenang-kenangan.

4. Berenang

Ide Kegiatan Ayah dan Anak (via SehatQ)

Semua anak pasti suka bermain air. Maka dari itu, coba ajak mereka berenang saat weekend. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga menyehatkan lho. Orangtua juga bisa sekaligus mengajarkan anak cara berenang.

Nah, itu tadi beberapa ide kegiatan ayah dan anak yang nggak cuma seru, tapi juga bisa mempererat bonding.

Ide Kegiatan Ayah dan Anak (via Mommies Daily)