4 Tips Merawat Kipas Angin agar Awet dan Tetap Kencang

Seperti apa tips merawat kipas angin dengan benar agar awet dan tetap kencang? Yuk simak ulasan berikut ini!

Pernah nggak kamu memiliki kipas angin yang lama-kelamaan putaran baling-balingnya semakin pelan, kemudian jadi tidak berfungsi sama sekali? Hal ini umumnya terjadi karena pemiliknya tidak tahu bagaimana tips merawat kipas angin dengan benar.

Padahal jika dirawat dengan benar, kipas angin bisa awet dan putaran baling-balingnya tetap kencang layaknya kipas angin baru meski usianya sudah tua. Nah, kalau kamu ingin kipas anginmu di rumah tetap awet dan kencang. Yuk cari tahu cara merawatnya berikut ini.

1. Rutin Bersihkan Baling-Baling Kipas Angin

Jika kamu ingin kipas anginmu awet, kamu harus rutin membersihkan baling-balingnya. Sebab baling-baling adalah komponen yang mudah kotor. Jika kotoran tersebut terus menumpuk, maka angin yang dihasilkan tidak sejuk dan lama-kelamaan putarannya akan semakin pelan.

Bersihkan bilah kipas dengan hati-hati, pastikan untuk mencapai area di antara bilah-bilah tersebut. Anda bisa menggunakan kuas, lap lembut, atau bahkan sedotan bersih untuk membersihkan celah-celah kecil.

2. Perhatikan Kebersihan Dinamo

Tips Merawat Kipas Angin (via Parapuan)

Selain kebersihan baling-baling kipas angin, kamu juga harus memperhatikan kebersihan dinamo. Bagian ini juga wajib dijaga kebersihannya agar kerja kipas angin bisa maksimal. Jadi jangan lupa rutin dibersihkan ya. Cukup dilap saja, jangan gunakan air untuk membersihkannya.

Sembari membersihkan, periksa komponen-komponennya. Pastikan kabel dan konektor tidak rusak. Jika ada kerusakan pada kabel, segera ganti dengan yang baru untuk menghindari risiko kebakaran atau korsleting.

3. Oleskan Minyak Pada As Kipas Angin

Tips Merawat Kipas Angin (via Artikel Rumah 123)

Selain dinamo, bagian lain yang juga wajib diperahatikan adalah as kipas angin. Kamu harus memastikan bagian ini tetap licin saat berputar. Kamu bisa mengoleskan minyak pada bagian as untuk membuatnya licin dan menghindari aus pada kipas angin.

Perlu diketahui bahwa beberapa kipas angin memiliki bantalan yang perlu dilumasi untuk menjaga putaran yang lancar. Periksa petunjuk dari produsen untuk mengetahui apakah kipas Anda memerlukan pelumasan dan gunakan pelumas yang sesuai.

4. Cuci Kipas Angin

Tips Merawat Kipas Angin (via BP Guide)

Mencuci kipas angin hingga bersih juga wajib dilakukan secara rutin agar kotorannya tidak menumpuk. Cuci bagian-bagian yang boleh disiram dengan air seperti baling-baling, penutup dinamo, dan kerangka kipas. Jangan mencuci komponen yang mudah konslet, karena justru akan merusak kipas angin.

Untuk memudahkan proses pembersihan, kamu juga bisa menggunakan semprotan udara khusus untuk membersihkan kipas. Cara ini bisa membantu membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Nah, itu tadi beberapa tips merawat kipas angin yang tepat. Jangan malas membersihkannya, jika tidak ingin kipas anginmu cepat rusak. Selain itu, jangan pernah membersihkan kipas angin ketika masih menyala atau dalam kondisi terhubung dengan sumber listrik untuk menghindari cedera atau kerusakan pada kipas. Selamat mencoba!

Tips Merawat Kipas Angin (via Kumparan)