Cegah Belang, Begini Tips Melindungi Kulit Saat Liburan ke Pantai

Mengetahui tips melindungi kulit saat liburan ke pantai sangat penting agar setelah liburan, hati kamu senang, kulit pun tetap aman.

Liburan ke pantai memang menyenangkan. Tapi jangan sampai berubah jadi menyedihkan ya gara-gara kulit berubah belang. Karena itu mengetahui tips melindungi kulit saat liburan ke pantai sangat penting agar setelah liburan, hati kamu senang, kulit pun tetap aman. Lantas, bagaimana cara melindungi kulit supaya tidak belang saat liburan ke pantai? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini tipsnya.

1. Gunakan Sunblock

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengaplikasikan sunblock sebelum berangkat ke pantai. Produkl ini sangat penting karena amat bermanfaat untuk menangkal paparan sinar UV secara langsung yang menyebab kulit terbakar. Tapi sebelum memakai sunblock, kamu bisa terlebih dahulu mengaplikasikan pelembab yang mengandung minyak zaitun dan aloe vera agar kulit tidak kering.

2. Gunakan Kacamata Hitam

Tips Melindungi Kulit Saat Liburan ke Pantai (via Jawa Pos)

Selain mengaplikasikan sunsblock, saat ke pantai kamu jangan lupa memakai kacamata hitam. sejumlah penelitian menyebutkan bahwa radiasi UV matahari dapat meningkatkan risiko penyakit katarak dan penurunan fungsi mata. Maka dari itu, kacamata ini berfungsi untuk melindungi mata kamu dari radiasi sinar UV dan silauya pantulan cahaya matahari.

3. Pakai Pelindung Kepala

Tips Melindungi Kulit Saat Liburan ke Pantai (via Bola)

Selain kacamata, pelindung kepala atau topi juga wajib kamu pakai saat ke pantai. Topi ini nanti bertugas untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit wajah selain sunblock. Meski sudah memakai pelindung kelapa, tapi jangan terlalu lama berdiri di bawah sinar matahari ya. Meneduhlah sesekali agar kulitmu tidak terus-terusan terbakar.

Selain itu, pemilihan baju juga sangat penting agar kulitmu tetap terlindungi selama liburan di pantai. Karena cuaca di sekitar pantai cenderung panas akibat intensitas paparan sinar matahari yang tinggi, usahakan tetap menutupi area kulit. Gunakan bahan yang lebih tipis agar tidak gerah, namun kulit tetap terlindungi karena sinar matahari tak langsung mengenai kulit.

4. Mandi Setelah Berjemur

Tips Melindungi Kulit Saat Liburan ke Pantai (via iNews)

Setelah puas bermain di pantai, sebaiknya kamu segera mandi hingga bersih, mengingat saat di pantai kau sudah bersentuhan dengan air laut yang mengandung garam tinggi. Kandungan garam yang tinggi ini jika tidak segera dibersihkan, maka bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

5. Pilih Waktu yang Tepat

Tips Melindungi Kulit Saat Liburan ke Pantai (via Kompas)

Selain menggunakan “pelindung”, kamu juga perlu memilih waktu yang tepat untuk berjemur. Waktu terbaik adalah antara 09.00 hingga sebelum jam 12.00 atau di sore hari mulai dari 16.00 hingga matahari terbenam. Di luar waktu itu matahari akan memancarkan sinar UV intensitas tinggi yang bisa memicu kanker kulit.

Demikian beberapa tips melindungi kulit saat liburan ke pantai. Jadi nggak perlu khawatir belang lagi, deh! Meski demikian, perlu dipahami bahwa kebutuhan kulit setiap orang berbeda sehingga kamu juga harus bisa menganalisa mana yang terbaik untuk dirimu. Selamat mencoba!

 

Tips Melindungi Kulit Saat Liburan ke Pantai (via Kompas)