5 Buah Terbaik yang Bisa Jadi Menu Sarapanmu, Sehat dan Kaya Nutrisi!

5 Buah Terbaik yang Bisa Jadi Menu Sarapanmu, Sehat dan Kaya Nutrisi!

Banyak ahli gizi setuju bahwa sarapan yang seimbang cukup penting dan dapat meletakkan dasar untuk hari yang padat. Sarat dengan serat dan nutrisi penting, buah merupakan tambahan yang bagus untuk sarapan seimbang. 

Berikut ini daftar 5 buah terbaik untuk sarapanmu:

1. Apel

Apel adalah salah satu buah yang super sekali karena kaya dengan serat, vitamin C, dan antioksidan, apel adalah sumber flavanoid yang disebut quercetin, yang memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bonus tambahan, Quercetin dapat sangat membantumu dengan alergi musiman.

2. Jeruk

Berbagai jeruk—termasuk jeruk keprok, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis—merupakan sumber vitamin C, serat, potasium, dan fitonutrien yang baik. Jeruk juga memiliki sifat antiradang dan detoksifikasi, serta dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Jeruk bali khususnya mengandung flavonoid tingkat tinggi, naringenin, yang dianggap mempromosikan lingkungan mikrobioma yang lebih mendukung kelangsingan. Tetapi jeruk bali bukan untuk semua orang, sebab fitonutrien dalam jeruk bali diketahui memengaruhi dosis obat, jadi jika kamu sedang mengonsumsi obat farmasi, pastikan untuk konsultasi dulu soal ini ke dokter.

3. Kiwi

Sarapan apel (food.detik.com)

Kiwi mungkin tidak sepopuler apel tapi buah ini enak dimakan saat sarapan, atau kapan saja sepanjang hari. Kamu hanya perlu memotongnya menjadi dua dan ambil buahnya dengan sendok.

Kiwi juga tinggi vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kiwi juga tinggi serat yang dapat meningkatkan rasa kenyang, dan juga dapat membantu pencernaan.

4. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang paling mudah dimasukkan ke dalam tas dan dibawa bepergian di pagi hari.

Buah ini juga mengandung pati resisten, yang tidak dicerna oleh tubuh kita melainkan menguntungkan  bakteri  di usus kita.

Pisang juga mengandung serat, vitamin B, dan mineral seperti potasium, mangan, dan magnesium.

5. Alpukat

Makan kiwi dengan disendok (tribunnews.com)

Alpukat adalah buah yang bagus untuk dipertimbangkan saat sarapan karena kandungan seratnya sehingga membantu pencernaan dan membuatmu kenyang lebih lama."

Porsi setengah cangkir alpukat 1/2 cangkir mengandung sekitar 5 gram serat, bersama dengan lemak sehat, Vitamin K, E, dan C, dan folat.

Sarapan alpukat (tempo.co)