5 Manfaat Mengonsumsi Kurma Muda yang Jarang Diketahui

Kurma muda atau ruthob memiliki teksturnya sedikit lebih keras dari kurma yang telah masak. Apa saja manfaat mengonsumsi buah ini?

Kurma muda atau ruthob memiliki teksturnya sedikit lebih keras dari kurma yang telah masak. Walaupun keras dan terasa sepet, mengonsumsi kurma muda sangat disarankan karena memiliki banyak nutrisi yang baik bagi tubuh.

Kurma muda adalah salah satu buah yang dikenal dapat membantu mempercepat kehamilan. Ini karena kurma muda mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki kualitas sel sperma dan ovum.

Namun, selain untuk kesehatan reproduksi, kurma muda ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi kurma muda  yang perlu kamu tahu:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma muda rendah sodium dan kaya kalium, yang merupakan kombinasi ideal untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga ritme jantung yang sehat. Mengonsumsi kurma muda secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Kurma Muda (via GenPI)

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam kurma muda membantu produksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan kulit. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit, memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan memperlambat penuaan kulit.

Kurma muda juga mengandung vitamin A, antioksidan, dan flavonoid yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar UV. Makan kurma muda secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan bersinar.

Kurma Muda (via Ruang Mom)

3. Melancarkan Pencernaan

Kurma muda kaya akan serat pangan yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu menjaga fungsi normal usus dan mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi kurma muda secara teratur dapat meningkatkan pencernaan dan menjaga berat badan yang sehat.

Kurma Muda (via Realfood)

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurma muda mengandung antioksidan yang tinggi, seperti beta-karoten dan vitamin C. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit. Mengonsumsi kurma muda dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kronis.

Kurma Muda (via Halodoc)

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma muda mengandung vitamin K, yang berperan penting dalam pembentukan tulang dan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Ini dapat membantu mencegah risiko osteoporosis dan memastikan tulang tetap kuat sepanjang usia.

Meskipun memiliki manfaat yang luar biasa, namun mengonsumsi kurma muda tetap tidak boleh berlebihan karena kurma muda juga mengandung gula alami yang tinggi. Karena itu, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, ya!

Kurma Muda (via Kompas)