Ingin Merasakan Midnight Sun? Inilah 4 Negara Tanpa Malam Hari

Tahukah kamu jika ternyata ada kota di beberapa negara yang tidak mengalami malam hari. Yuk intip daftar midnight sun yang ada di dunia!

Jika selama ini tinggal di Indonesia, tentunya sudah terbiasa dengan siang dan malam hari, apalagi Indonesia terletak di khatulistiwa sehingga waktu siang dan malam hari bergantian selama 12 jam. Namun tahukah kamu jika ternyata ada kota di beberapa negara yang tidak mengalami malam hari.

Biasa disebut Midnight Sun, karena bahkan pada waktu yang seharusnya malam, namun matahari masih bersinar. Ingin tahu negara mana saja yang tanpa malam hari? Berikut informasinya.

1. Norwegia

Di bulan Mei hingga Juli, Norwegia tengah mengalami musim panas. Di periode itu, Matahari sama sekali tidak terbenam selama 76 hari. Jadi, meskipun waktu menunjukkan tengah malam, namun matahari akan tetap bersinar dan hanya seolah-olah tenggelam., karena itu Norwegia terkenal sebagai "the land of the midnight sun."

2. Kanada

Negara Tanpa Malam Hari (via Kompas)

Sebagai negara di bagian utara Benua Amerika, Kanada juga mengalami fenomena siang hari yang panjang. Yukon dan Nunavut adalah 2 kota di Kanada yang tidak mengalami malam hari. Fenomena ini terjadi selama musim panas antara Bulan Juni sampai Agustus.

3. Alaska

Negara Tanpa Malam Hari (via Kompas)

Alaska adalah Negara bagian paling utara dan terdingin di Amerika Serikat. Bertetangga dengan Kanada, di Alaska juga mengalami fenomena siang hari yang sangat panjang. Matahari nyaris tidak tenggelam di Alaska Ketika musim panas dari awal Mei hingga akhir Juli. Salah satu kota yang mengalami fenomena ini adalah Kota Borrow. Di sana matahari bertahan selama 24 jam penuh.

4. Finlandia

Negara Tanpa Malam Hari (via CNN)

Swedia terletak di Eropa Utara, karena itu Finlandia ikut mengalami fenomena siang yang lebih panjang. Selama musim panas sekitar bulan Juni hingga Juli matahari akan bersinar 24 jam dan tidak terbenam.

Pada saat musim panas masyarakat Finlandia banyak menghabiskan waktu beraktivitas di luar rumah dan menikmati sinar matahari sepanjang waktu selama 24 jam penuh. Itulah 4 negara tanpa malam hari. Negara mana yang ingin kamu kunjungi?

Negara Tanpa Malam Hari (via iNews)