Liburan Makin Seru, Ini 4 Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur yang Wajib Dikunjungi

Tahukah kamu bahwa ada tempat wisata dekat Candi Borobudur yang enggak kalah seru? Simak referensinya berikut ini!

Tahukah kamu bahwa ada tempat wisata dekat Candi Borobudur yang enggak kalah seru? Borobudur sendiri memang salah satu tempat wisata di Indonesia yang cukup populer hingga mancanegara sehingga banyak menjadi tujuan turis.

Meski demikian, liburan tentu belum lengkap kalau nggak mengunjungi tempat wisata dekat Borobudur yang juga nggak kalah cantik dan indahnya. Kalau liburan ke Yogyakarta, jangan cuma ke Candi Borobudur ya. Beberapa tempat wisata ini juga wajib masuk ke dalam list kunjungan kamu. Apa saja?

1. Candi Mendut

Tempat wisata pertama adalah Candi Mendut yang hanya berjarak sekitar 4 km dari Candi Borobudur. Memasuki candi dengan corak Budha ini kamu akan menemukan kolam yang dipenuhi bunga teratai bermekaran.

Saat mengunjungi Candi Mendut, kamu bisa berkeliling sambil melihat tiga arca dan relief yang menceritakan tentang kisah Pancatantra dan Jataka. Selain seru, kunjunganmu juga bakal menambah wawasan sekaligus meningkatkan rasa cinta pada Tanah Air.

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur (via Saint-D)

2. Candi Pawon

Selain Candi Mendut, kamu juga wajib mengunjungi Candi Pawon. Di tempat wisata yang hanya berjarak 2 km dari Candi Borobudur ini, kamu bisa melihat relief pohon kalpataru serta makhluk setengah manusia setengah burung yang disebut pundi-pundi dan kinara-kinari.

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur (via Kompas Regional)

3. Bukit Rhema Gereja Ayam

Selain bangunan Candi, ada juga Bukit Rhema Gereja Ayam yang juga lokasinya dekat dengan Candi Borobudur. Tempat ini cukup populer karena menjadi tempat syuting film layar lebar berjudul 'Ada Apa dengan Cinta 2).

Gereja ini memiliki bentuk menyerupai ayam, karena itu warga dan wisatawan menyebut tempat ini dengan Gereja Ayam. Tempat bersejarah ini memiliki 7 lantai, kamu bisa berkeliling sambil dipandu oleh tour guide.

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur (via Travelspromo)

4. Museum Samudra Raksa

Terakhir ada Museum Samudra Raksa yang lokasinya sangat dekat dengan Candi Borobudur, sehingga kamu bisa sampai ke sana hanya dengan berjalan kaki. Museum yang berada di kawasan Taman Purbakala Borobudur ini memiliki koleksi yang mengisahkan jalur perdagangan bahari antara Indonesia purba, Madagaskar, dan pesisir Afrika Timur.

Dan menariknya lagi, di sini kamu akan disuguhi Sinema Interaktif Petualangan Raka, pameran yang menggunakan teknologi digital berupa animasi tiga dimensi. Wah pasti bakal seru banget berkunjung ke sini!

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata dekat Candi Borobudur yang wajib kamu kunjungi. Jadi sembari mengunjungi situs budaya yang ada di Magelang ini, kamu juga bisa menambah wawasan dengan berwisata di lokasi wisata sekitarnya. Jadi liburan akan semakin lengkap dan seru.

Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur (via Mongabay)