Jangan Sampai Kecolongan, Ini 4 Cara Membedakan Barang Asli dan KW

kamu wajib tahu cara membedakan barang asli dan KW biar nggak kecolongan dan malah rugi sendiri. Yuk simak ulasan berikut ini!

Saat membeli barang tentu kamu harus berhati-hati. Sebab jika tidak dilihat secar detail, maka kamu bisa tertipu dan mendapatkan barang palsu atau KW. Terlebih jika kamu membeli barang secara online. Karena itu, kamu wajib tahu cara membedakan barang asli dan KW biar nggak kecolongan.

Saat ini barang tiruan atau KW banyak dibuat bahkan dijual dipasaran. Jika kamu bertemu dengan penjual yang nakal, maka barang KW bisa saja dibilang barang asli dan dijual dengan harga fantastis.

Nah, biar kamu tidak tertipu dengan para penjual nakal, yuk pahami cara membedakan barang asli dan KW seperti  dirangkum dari berbagai sumber.

1. Waspada Diskon yang Tidak Masuk Akal

Memberi diskon adalah salah satu cara marketing agar barang yang dijual lebih laku. Tapi coba cek lagi kalau diskon yang diberikan sangat jauh di bawah pasaran, dan dirasa tidak masuk akal, maka kamu wajib berhati-hati. Terlebih jika barang yang ditawarkan adalah barang branded. Coba kamu cari distributor lain untuk membandingkan harga, agar kamu tidak tertipu penjual nakal.

2. Perhatikan Kualitas Bahan

Cara Membedakan Barang Asli dan KW (via Kumparan)

Meski penampakan barang bisa ditiru secara menyeluruh, namun yang paling sulit ditiru adalah kualitas bahannya. Umumnya, barang KW memiliki bahan yang lebih tipis, bahkan bahan yang digunakan di bawah standar.

Selain itu, kamu juga bisa cek kemasannya. Barang asli selalu dikemas dengan sangat menarik. Namun untuk barang KW, kemasannya umumnya terlihat lusuh, produk tidak pas dalam kotak, dan cetakannya memudar.

3. Kesalahan Ejaan

Cara Membedakan Barang Asli dan KW (via Hipwee)

Produk palsu juga bisa dilihat dari tulisan ejaan merk barang tersebut. Jika kamu menemukan barang yang disebut asli namun terdapat huruf tambahan atau ada huruf yang hilang pada merk barang tersebut, maka sudah dipastikan barang tersebut palsu.

4. Jangan Lupa Cari Informasi yang Akurat

Cara Membedakan Barang Asli dan KW (via Islami)

Lakukan riset sebelumnya tentang barang asli yang ingin dibeli. Pelajari merek, logo, fitur khusus, dan kualitas material yang digunakan. Dengan memiliki pengetahuan yang baik tentang barang asli, kamu akan lebih mudah membandingkannya dengan barang KW.

Jika ragu, bandingkan barang yang ingin dibeli dengan sumber terpercaya, seperti toko resmi atau pengecer yang diakui. Perbandingan langsung dengan barang asli dapat membantumu melihat perbedaan dan kekurangan pada barang KW.

Nah, itu tadi beberapa cara membedakan barang asli dan KW saat berbelanja. Pahami betul-betul, jangan sampai kamu tertipu saat belanja sehingga merugikan dirimu sendiri. Yuk mulai jadi smart buyer!

Cara Membedakan Barang Asli dan KW (via artikel Rumah123)