Gak Kalah Gurih! 5 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Garam Yang Bikin Masakan Tetap Nikmat

5 Bahan yang dapat dipakai untuk pengganti garam untuk buat masakan tetap nikmat.

Garam umumnya dipakai sebagai bumbu untuk membuat masakan lebih gurih dan enak saat disantap. Garam bisa ditambahkan ke berbagai jenis makanan mulai dari tumisan, gorengan sampai kue manis.

Selain memberi rasa asin, garam juga dipakai untuk menyempurnakan rasa. Menariknya lagi, garam pun bisa didapatkan dengan mudah dan banyak dijual baik dipasar maupun warung di sekitar rumah.

Tapi buat kamu yang sedang kehabisan garam atau sedang mengurangi asupan garam, ada beberapa bahan yang bisa dipakai sebagai pengganti untuk membuat makanan tetap nikmat. Apa saja bahan itu? Scroll ya!

1. Kaldu Jamur

Kaldu jamur atau dikenal dengan nutritional yeast merupakan ragi atau jamur yang dinonaktifkan dan berbentuk bubuk. Kaldu jamur ini punya rasa yang gurih sehingga bisa dipakai untuk pengganti garam.

Menariknya lagi, kaldu jamur juga mengandung serat beta-glucan yang membantu menurunkan kolesterol sehingga sangat cocok untuk menggantikan garam buat kamu yang sedang menjalani proses diet.

2. Kecap Asin

Kecap terdiri dari berbagai jenis. Tidak hanya yang memiliki rasa manis, ada juga kecap yang punya rasa asin. Di Jepang, kecap asin dikenal dengan nama shoyu dengan rasa asin yang cukup kuat. 

Jenis kecap ini biasanya disajikan bersama sushi. Namun kamu juga bisa menggunakan kecap asin untuk membumbuni berbagai masakan seperti nasi goreng, tumisan sampai kuah ramen. 

3. Bawang Putih

Pengganti Garam - Kaldu Jamur (Rumah.com)

Bawang putih juga dapat dipakai sebagai alternatif pengganti garam untuk diet. Ini karena, bawang putih memiliki kandungan natrium yang rendah sehingga lebih menyehatkan. Bawang putih juga punya banyak manfaat kesehatan.

Seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu pun hanya perlu menumis potongan bawang putih untuk menambah rasa gurih dalam makanan tanpa meningkatkan kandungan natrium. 

4. Salted Butter (Mentega Asin)

Mentega dibedakan menjadi dua jenis yakni tanpa rasa dan yang memiliki rasa asin. Sebagian orang lebih suka memasak menggunakan mentega tanpa rasa, karena tidak membuat makanan terlalu asin.

Tapi saat kehabisan garam, kamu bisa menggunakan mentega asin. Mentega asin ini dapat menambahkan cita rasa pada makanan yang tawar. Ini juga cocok ditambahkan pada tumisan maupun makanan panggang.

5. Ikan Asin

Pengganti Garam - Bawang Putih (Astronauts.id)

Alternatif garam selanjutnya adalah ikan asin. Tentu kamu sudah tahu rasa dari bahan makanan satu ini. Ikan asin sangat populer di Indonesia dan memiliki beragam jenis. Rasa asinnya yang kuat membuat lauk dari ikan asin ini tidak perlu lagi dimasak pakai garam.

Cara memasaknya pun mudah, kamu hanya perlu menggoreng ikan asin yang sudah kering lalu ditumbuk sampai halus. Setelahnya, kamu hanya perlu menaburkan bubuk ikan asin pada masakan. Selain itu, ikan asin juga enak disantap hanya dengan sambal.

Pengganti Garam - Ikan Asin (Kompas)