Mengatasi Nyeri Kaki Akibat Memakai Heels Sepanjang Hari

Nyeri kaki akibat heels sangat mungkin terjadi jika kamu menggunakan sepatu hak tinggi sepanjang hari.

Nyeri kaki akibat heels sangat mungkin terjadi jika kamu menggunakan sepatu hak tinggi sepanjang hari. Menurut survei American Podiatric Medical Association (APMA), sepatu hak tinggi menjadi penyebab paling sering nyeri kaki pada wanita. Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan kaki apalagi jika kamu memakai sepatu hak tinggi sepanjang hari. Lalu, bagaimana mengatasi nyeri kaki jika sudah terlanjur memakai heels dalam waktu lama?

1. Rendam dengan Air Hangat

Setelah aktif bergerak seharian, merendam kaki dalam air hangat akan membantu mengendurkan otot-otot yang kaku dan kelelahan. Untuk menambah manfaat baik, coba tambahkan garam Epsom, yang diperkaya dengan mineral alami seperti magnesium dan sulfat.

Magnesium dalam garam dapat membantu tubuh membangun dan memperbaiki jaringan-jaringan. Selain itu, magnesium dalam garam epsom dapat membantu mengurangi peradangan dan kram di kaki. Rendam kaki selama 20 menit agar tubuh kembali rileks. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit setelahnya, karena garam memilikiefek samping dapat membuat kulit kering.

2. Kompres Es Batu

Mengatasi Nyeri Kaki Akibat Memakai Heels (via Alodokter)

Cara lain untuk meredakan nyeri kaki akibat heels adalah dengan mengompres kaki menggunakan es batu. Es dapat mengurangi peradangan dan menenangkan rasa nyeri. Es juga dapat membantu mengobati sendi atau otot yang bengkak dan meradang.

Cara melakukannya, kamu perlu menggunakan kantong es yang sudah dibekukan, lalu letakkan di bawah kaki atau di bagian nyeri selama lima menit. Lakukan pada kedua kaki sampai rasa sakit berkurang. Ingat, jangan langsung mengoleskan es batu pada kulit agar tidak menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit.

3. Bantal 

Mengatasi Nyeri Kaki Akibat Memakai Heels (via Grid)

Nyeri kaki akibat heels juga dapat diatasi dengan meletakkan bantal di bawah kaki sehingga posisi kaki berada lebih tinggi dari pinggul. Letakkan beberapa buah bantal di bawah kaki dengan ketinggian yang dirasa nyaman.

Cara ini dapat membantu melancarkan sistem saraf dari bagian bawah tubuh ke jantung sehingga mengurangi pembengkakan. Lakukan cara ini pada pada malam hari agar kaki terasa lebih baik keesokan paginya.

4. Istirahat dan Peregangan

Mengatasi Nyeri Kaki Akibat Memakai Heels (via Tokopedia)

Jika harus mengenakan heels untuk waktu yang lama, berikan waktu istirahat kepada kaki secara teratur. Lepaskan sepatu dan berjalan-jalan tanpa heels, atau duduk sambil mengangkat kaki untuk membantu mengurangi tekanan dan memberikan waktu pemulihan kepada otot-otot kaki.

Istirahat yang cukup sangat penting bagi kesehatan kakimu. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup dan memberikan waktu istirahat yang memadai bagi kakimu untuk memulihkan diri setelah penggunaan heels yang intensif.

Selain itu, sebelum dan setelah menggunakan heels, lakukan peregangan dan latihan kaki untuk mengurangi ketegangan dan meningkatkan fleksibilitas. Peregangan sederhana seperti merenggangkan jari-jari kaki, menggerakkan pergelangan kaki, dan melingkarkan kaki dengan handuk dapat membantu meredakan ketegangan otot.

Itulah 3 cara mengatasi nyeri kaki akibat heels yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Karena kaki juga merupakan bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya, maka beri jeda pada kaki untuk tidak selalu menggunakan hak tinggi jika tidak benar-benar diperlukan.

Mengatasi Nyeri Kaki Akibat Memakai Heels (via iStock)