Bisa Sembuhkan Mata Minus, Ini 4 Fakta Operasi Lasik Mata yang Wajib Dipahami Pasien

Operasi LASIK atau laser assisted in situ keratomileusis kini memang banyak dilirik para penderita mata minus. Yuk simak ulasannya di sini!

Operasi LASIK atau laser assisted in situ keratomileusis kini memang banyak dilirik para penderita mata minus. Pasalnya, operasi lasik mata ini disebut bisa mengatasi masalah mata minus hingga sembuh total tanpa rasa sakit. Benarkah demikian?

Mengutip laman Halodoc, operasi lasik merupakan prosedur bedah rawat jalan yang digunakan untuk mengobati rabun jauh, dekat, dan astigmatisme dengan menggunakan sebuah laser yang digunakan untuk membentuk kornea.

Operasi ini dilakukan dengan tujuan memperbaiki cara mata memfokuskan cahaya ke retina di belakang mata. Di Indonesia sendiri, operasi mata lasik ini diperkenalkan oleh Jakarta Eye Center pada tahun 1997.

Meski demikian, banyak orang yang masih ragu melakukannya karena kurangnya informasi yang dimiliki. Nah, buat kamu yang berencana melakukan operasi lasik mata. Yuk, ketahui fakta-faktanya berikut ini.

1. Tidak Menyebabkan Kebutaan

Fakta pertama tentang operasi mata lasik adalah tidak menyebabkan kebutaan. Sebuah laporan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada kasus kebutaan yang disebabkan oleh operasi lasik. Sebab sama seperti saat memakai lensa kontak, risiko kebutaan pada operasi lasik sangatlah kecil terkecuali jika ada masalah tertentu atau tindakan yang tak sesuai prosedur. 

Operasi Lasik (via SINDOnews)

2. Tidak Semua Orang Dapat Melakukan Operasi Lasik

Jika kamu mengira semua orang dapat melakukan operasi lasik, tentu saja itu tidak benar. Sebab ada beberapa pasien yang ditolak untuk melakukan operasi lasik dengan berbagai alasan. Mulai dari usianya masih di bawah 18 tahun, sedang hamil atau menyusui, memiliki penyakit tertentu, dan karena kondisi mata yang kurang stabil.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, biasanya akan ada beberapa sesi pra tindakan. Hal ini dilakukan untuk mengobservasi apakah pasien sudah benar-benar siap untuk menjalani operasi lasik.

Operasi Lasik (via Julo)

3. Operasi Lasik Tidak Sakit

Buat kamu yang trauma dengan operasi, tenang saja, operasi lasik bukanlah prosedur yang menyakitkan. Mata kamu akan dibius agar selama operasi kamu tetap merasa nyaman. Kamu hanya akan merasakan tekanan pada mata sesaat, setelah itu proses lasernya tidak terasa sakit.

Operasi Lasik (via MyVision)

4. Tidak Semua Metode Lasik Aman

Meski disebut mudah dan cepat, namun prosedur operasi lasik tidak semua aman. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena dokter bedah lasik akan membantu kamu menentukan prosedur lasik mana yang tepat untuk menyembuhkan masalah mata kamu.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja fakta operasi lasik mata yang disebut bisa menyembuhkan masa minus. Tertarik mencoba? Jangan lupa berkonsultasi dengan orang yang tepat sebelum memutuskan menjalaninya.

Operasi Lasik (via Refractive Surgery Council)