4 Manfaat Berjemur di Pagi Hari yang Wajib Dipahami, Nggak Usah Takut Gosong

Apa saja sih manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan tubuh? Coba cari tahu jawabannya berikut ini!

Sejak Pandemi covid-19, kegiatan berjemur di pagi hari menjadi kegiatan yang cukup populer. Sebab banyak manfaat berjemur di pagi hari yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas tidur. Sehingga tubuh menjadi lebih segar saat bangun.

Mengutip laman Halodoc, berjemur di pagi hari ternyata dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Seperti yang diketahui, vitamin D kaya akan antioksidan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Nah, buat kamu yang belum tahu, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika kamu rutin berjemur di pagi hari.

1. Menurunkan Tingkat Depresi

Tahu nggak sih kalau ternyata berjemur di pagi hari bisa menurunkan tingkat depresi lho. Hal ini karena sinar matahari dapat memicu otak melepaskan hormon serotonin yang dapat meningkatkan mood dan memberikan ketenangan. Bahkan orang yang tidak sedang mengalami tekanan pun akan merasakan ketenangan setelah berjemur di pagi hari.

2. Kualitas Tidur Meningkat

Manfaat Berjemur di Pagi Hari (via Suara)

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa berjemur di pagi hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini disebabkan sinar matahari saat berjemur di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian pada tubuh yang dapat membantu tubuh mengantuk saat matahari mulai tenggelam.

Dengan kualitas tidur yang baik, maka kualitas hidup juga meningkat. Kamu akan memiliki energi yang cukup untuk melakukan hal-hal yang produktif. Tidur berkualitas juga membantu memelihara kesehatan mental agar tidak mudah stres.

3. Mencegah Gangguan Pada Tulang

Manfaat Berjemur di Pagi Hari (via Kompas)

Punya masalah pada tulang? Coba deh berjemur di pagi hari. Sebab paparan sinar matahari pagi dapat bantu memproduksi vitamin D yang bermanfaat dalam proses penyerapan kalsium pada tubuh. Dengan begitu, kekuatan dan kepadatan tulang akan semakin meningkat. Sehingga osteoporosis dan radang sendi pun dapat dicegah. Bahkan jika kamu tak mengalami gangguan tulang, berjemur juga akan memberikan banyak manfaat untuk tulang.

4. Kekebalan Tubuh Meningkat

Manfaat Berjemur di Pagi Hari (via Alodokter)

Manfaat terakhir dari berjemur di pagi hari adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, risiko masuknya berbagai penyakit dalam tubuh bisa dihindari. Dengan demikian kamu bisa hidup lebih dekat, tentunya dengan harapan hidup yang lebih tinggi.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat berjemur di pagi hari bagi kesehatan tubuh. Jadi jangan takut gosong ya. Karena manfaatnya lebih besar dan membantumu meningkatkan kualitas hidup. Yuk mulai terapkan dari sekarang!

Manfaat Berjemur di Pagi Hari (via Siloam Hospitals)