Jangan Panik! Begini Tips Menghindari Ponsel Overheat

Beberapa tips menghindari ponsel overheat berikut ini bisa kamu coba agar HP kamu tetap dalam kondisi dingin. Apa saja?

Tahu nggak sih, kalau HP yang digunakan secara terus-menerus, lama-kelamaan kondisinya akan menjadi panas atau overheat. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Sebab beberapa tips menghindari ponsel overheat berikut ini bisa kamu coba agar HP kamu tetap dalam kondisi dingin.

Overheat pada ponsel umumnya terjadi karena HP digunakan untuk bermain game, menonton video atau streaming terlalu lama, memainkan HP saat proses pengisian daya, melakukan panggilan terlalu lama, dan juga karena pengaturan kecerahan layar terlalu tinggi. Nah, agar HP kamu tidak menjadi panas saat digunakan. Coba beberapa tips berikut ini ya.

1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar kondisi kamu tetap dingin adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Sebab, cahaya layar HP yang terlalu terang dapat menyedot daya terlalu cepat, sehingga ponsel menjadi cepat panas. Karenanya, coba kurangi kecerahan layar menjadi tingkat yang nyaman namun masih dapat terlihat dengan jelas.

2. Segera Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Tips Menghindari Ponsel Overheat (via Belajarikhlas)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, terlalu banyak membuka aplikasi juga dapat membuat ponsel panas. Karena itu, sebaiknya jika kamu selesai menggunakan satu aplikasi, maka segera tutup aplikasi tersebut. Tidak hanya membuat ponsel tetap dalam kondisi dingin, namun segera menutup aplikasi juga dapat menghemat baterai HP.

Selain itu, hindari penggunaan aplikasi atau fitur yang berat seperti game yang membutuhkan banyak daya pemrosesan atau streaming video dalam waktu yang lama.  Matikan fitur yang tidak diperlukan seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, atau NFC jika Anda tidak menggunakannya. Fitur-fitur ini dapat menyebabkan ponsel bekerja lebih keras dan menghasilkan panas yang lebih tinggi.

3. Isi Daya Hanya 80%

Tips Menghindari Ponsel Overheat (via Unews)

Mengutip laman Insider, HP yang overheat biasanya juga bisa disebabkan oleh pengisian daya yang berlebihan. Karena itu, sebaiknya isi daya ponsel hanya sampai 80 persen saja. Hal ini akan menghindarkan HP kamu dari kondisi overheat.

4. Jangan Letakkan HP di Atas Bantal Saat Pengisian Daya

Tips Menghindari Ponsel Overheat (via BukaReview)

Jika kamu punya kebiasaan mengisi baterai HP pada malam hari. Sebaiknya letakkan ponsel di permukaan yang dingin dan rata. Jangan letakkan HP di bantal atau sprei yang bisa menyerap panas dari ponsel yang sedang diisi daya, sehingga membuat HP semakin panas hingga terbakar.

Nah, itu tadi beberapa tips menghindari ponsel overheat. Sekarang kamu nggak perlu panik lagi deh kalau tiba-tiba HP kamu panas. Cukup lakukan langkah mudah di atas, maka semuanya akan kembali normal. Namun jika solusi di atas tidak membantu, sepertinya memang sudah saatnya kamu ganti smartphone yang baru.

Tips Menghindari Ponsel Overheat (via Kompas)