Ini Dia Waktu Terbaik untuk Minum Kopi, Gak Cuma di Pagi Hari

Ini Dia Waktu Terbaik untuk Minum Kopi, Gak Cuma di Pagi Hari

Tak sedikit orang yang selalu mengawali pagi harinya dengan meminum secangkir kopi. Banyak dari mereka merasa jika kopi bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan menghilangkan kantuk.

Tetapi, sebenarnya kapan sih waktu tepat untuk minum kopi?

Menurut studi dari kutipan Your Tango, kopi semestinya dikonsumsi saat kadar kortisol di tubuh sedang rendah agar energi dan mood bisa stabil.

Dan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kopi adalah 1,5 hingga 2 jam setelah bangun tidur agar mengembalikan sirkadian tubuh.

Studi lain juga menjabarkan kalo tubuuh akan memproduksi berbagai jenis hormon setiap harinya, termasuk kortisol alias hormon stres. Hormon ini diketahui bisa menjadikan tubuh terasa lebih waspada.

Ahli saraf dan peneliti dari Geisel School of Medicine, Steven Miller, menjelaskan jika kopi dikonsumsi ketika otak sudah memproduksi kortisol, maka dampak positifnya akan berkurang. Makanya, konsumsi yang baik adalah saat kadar kortisol sdang rendah.

Jika kamu biasa bangun jam 7 pagi, maka idealnya kamu bisa mengkonsumsi kopi di jam 9.30 hingga 11.30. Begitu pula saat seseorang bangun tidur siang di jam 1 siang, maka bisa  mengkonsumsi kopi di jam 16.30 hingga 18.30.

Ilustrasi orang minum kopi (pexels.com)

Selain itu, kopi juga terbukti memiliki antioksidan yang baik untuk memperbaiki DNA dan bersifat sebagai penenang. 

Mengkonsumsinya secara rutin juga sangat baik untuk mencegah kanker, penyakit jantung, parkinson hingga diabetes tipe 2.

Ilustrasi kopi (pexels.com)