CANGGIH! Ini Dia Mobil Terbang Pertama di Dunia dan 100% Listrik!

CANGGIH! Ini Dia Mobil Terbang Pertama di Dunia dan 100% Listrik!

Mobil listrik yang sepenuhnya dapat kamu kendarai di jalan umum ataupun di atas langit kini bukan hanya karya fiksi dan impian semata. 

Pasalnya, Alef Aeronautics telah berhasil mewujudkannya. Perusahaan tersebut, beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa mobil terbangnya, "Model A," menjadi yang pertama dari jenisnya yang menerima persetujuan resmi untuk terbang dari pemerintah AS.

Di tahun yang sama Marty McFly dari film "Back to the Future" melakukan perjalanan ke masa depan (2015), ide mobil terbang Alef juga lahir.

Mobil terbang di film "Back to the Future" (gridoto.com)

# Proses Awal Pembuatan Mobil Terbang

Pada tahun 2016, perusahaan membangun prototipe subskala pertamanya agar sesuai dengan batasan tertentu, termasuk cara mengemudi seperti mobil sungguhan, memiliki kemampuan lepas landas vertikal, dan harga relatif terjangkau.

Versi berskala dan penggerak listrik milik Alef diperlihatkan kepada Tim Draper, seorang pemodal ventura terkenal dan investor awal Tesla, yang menjadi investor perintis di perusahaan tersebut.

Draper Associates Fund V menginvestasikan $3 juta (setara Rp45 miliar) dalam bentuk uang awal untuk memulai program ini. Oktober lalu, Alef memperkenalkan "Model A" kepada dunia sebagai mobil terbang listrik pertama dengan kemampuan berkendara di jalan raya dan kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal (eVTOL).

Mobil terbang "Model A" Alef Aeronautics (radarkepahiang.disway.id)

Menurut Alef, Model A memiliki driving range 200 mil dan jangkauan terbang 110 mil. Setelah prapenjualan dimulai Oktober lalu seharga $300.000 (Rp 4,5 miliar), Alef mengatakan telah mengumpulkan lebih dari 440 reservasi pada akhir tahun.

Mobil listrik sepenuhnya yang dapat kamu kendarai di jalan umum dan terbang untuk melewati lalu lintas mungkin terdengar seperti film fiksi ilmiah, tetapi Alef Aeronautics mewujudkannya. Perusahaan mengungkapkan Selasa bahwa mobil terbangnya, "Model A," menjadi yang pertama dari jenisnya yang menerima persetujuan resmi untuk terbang dari pemerintah AS.

Temui mobil terbang listrik pertama yang mendapatkan sertifikasi di AS

Di tahun yang sama Marty McFly dari Back to the Future melakukan perjalanan ke masa depan (2015), ide mobil terbang Alef juga lahir.

Pada tahun 2016, perusahaan membangun prototipe subskala pertamanya agar sesuai dengan batasan tertentu, termasuk mengemudi seperti mobil sungguhan, memiliki kemampuan lepas landas vertikal, dan relatif terjangkau.

Versi berskala dan penggerak listrik milik Alef diperlihatkan kepada Tim Draper, seorang pemodal ventura terkenal dan investor awal Tesla, yang menjadi investor perintis di perusahaan tersebut.

Draper Associates Fund V menginvestasikan $3 juta dalam bentuk uang awal untuk memulai program ini. Oktober lalu, Alef memperkenalkan "Model A" kepada dunia sebagai mobil terbang listrik pertama dengan kemampuan berkendara di jalan raya dan kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal (eVTOL).

Model A Alef adalah kendaraan pertama dari jenisnya yang menerima Sertifikasi Kelaikan Udara Khusus dari Administrasi Penerbangan Federal AS. 

Wah, keren banget ya!

Mobil terbang AirCar Klein Vision (timesindonesia.co.id)