Biar Nggak Cepat Kusam, Begini Tips Merawat Pakaian Berwarna Putih

Tips merawat pakaian berwarna putih wajib diketahui, terutama untuk kamu memiliki banyak pakaian berwarna putih. Yuk simak ulasannya!

Tips merawat pakaian berwarna putih wajib diketahui, terutama untuk kamu memiliki banyak pakaian berwarna putih. Merawat pakaian berwarna putih memang bukan hal mudah. Salah sedikit saja, warnanya bisa berubah kusam atau menguning. Wah, sayang banget kan?

Karenanya, perawatan pakaian warna putih memang tidak bisa sembarangan. Nah, agar pakaian putih kamu tetap kinclong dan bebas kuning. Coba deh beberapa tips berikut ini yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Pisahkan Pakaian Putih dengan Lainnya

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk merawat pakaian berwarna putih adalah dengan memisahkannya dengan baju warna lainnya. Hal tersebut untuk menghindari baju putih tadi terkena noda luntur baju warna lainnya.

2. Cuci Sesuai Kapasitas Mesin Cuci

Tips Merawat Pakaian Berwarna Putih (via Rimma)

Tidak hanya beberapa, tapi banyak lho orang yang mencuci baju terlalu banyak ke dalam mesin cuci. Mungkin sekilas hal tersebut terlihat praktis, namun padahal kebiasaan tersebut bisa merusak mesin cuci lho.

Tidak hanya itu, mencuci terlalu banyak juga akan membuat baju menjadi tidak bersih. Sehingga deterjen akan menempel pada baju dan tidak bisa dibilas dengan baik. Bukannya lebih bersih, baju putih kamu akan terlihat makin kotor.

3. Gunakan Deterjen Khusus

Tips Merawat Pakaian Berwarna Putih (via Telisik)

Kamu pasti tahu kalau di pasaran dijual deterjen yang memang dibuat khusus untuk baju-baju berwarna putih. Semua deterjen tentu saja wangi, namun kandungan pemutih dalam deterjen khusus akan membuat warna putih baju tidak berubah.

4. Gunakan Pemutih

Tips Merawat Pakaian Berwarna Putih (via Kompas)

Jika kamu merasa perlu, nggak ada salahnya kok mencuci baju berwarna putih dengan campuran pemutih pakaian. Terlebih jika kamu menemukan noda yang sudah dihilangkan. Pemutih pakaian akan membantu menjaga tampilan baju supaya tetap bersih bebas noda.

Meski demikian, perhatikan juga produk pemutih yang kamu pilih. Takaran yang tidak pas atau penggunaan yang terlalu sering mungkin akan membuat serat kain jadi rapuh dan mudah robek.

5. Cuci dengan Air Hangat

Tips Merawat Pakaian Berwarna Putih (via SehatQ)

Tips terakhir merawat pakaian berwarna putih adalah dengan cara mencucinya menggunakan air hangat. Kenapa air hangat? Sebab cara ini disebut ampuh mengangat noda pada baju putih. Kamu cukup merendam pakai dalam ember yang sudah berisi air hangat dan deterjen selama 2 jam.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana tips merawat pakaian berwarna putih. Warna yang cerah membuat pakaian ini harus dirawat dengan khusus jika terkena noda. Jangan sampai salah ya, kalau tidak ingin bajumu terlihat kuning dan kusam.

 

Tips Merawat Pakaian Berwarna Putih (via Liputan6)