Berapa Lama Seseorang Bisa Sembuh dari Patah Tulang? Yuk, Cari Tahu Jawabnya di Sini!

Berapa Lama Seseorang Bisa Sembuh dari Patah Tulang? Yuk, Cari Tahu Jawabnya di Sini!

Sebagian besar patah tulang sembuh dalam 6-8 minggu, tetapi ini sangat bervariasi dari tulang ke tulang dan pada setiap orang berdasarkan banyak faktor yang dibahas di atas. Patah tulang tangan dan pergelangan tangan sering sembuh dalam 4-6 minggu sedangkan patah tulang tibia bisa memakan waktu 20 minggu atau lebih.

# Waktu penyembuhan untuk patah tulang dibagi menjadi tiga fase:

1. Fase Inflamasi: dimulai pada saat cedera dan berlangsung 1-2 minggu. Pendarahan di sekitar patah tulang mengorganisir menjadi hematoma patah tulang atau bekuan pada ujung tulang. 

Kerusakan pada jaringan mengakibatkan kematian sel yang dibersihkan oleh respon peradangan. Gumpalan darah tersusun menjadi jaring protein di mana tulang mulai "merajut".

2. Fase Perbaikan: berlangsung selama 2-3 minggu berikutnya di mana perbaikan jaringan yang sebenarnya terjadi dan sel-sel hidup baru dari tulang, tulang rawan dan jaringan fibrosa terjadi di lokasi fraktur. 

Tangan yang digips karena patah (honestdocs.id)

Ini mengarah pada pembentukan jaringan karet yang disebut "kalus fraktur". Kalsium terdeposit ke dalam kalus dan dapat dilihat pada x-ray pada 2-3 minggu setelah cedera.

3. Remodeling: terjadi saat fraktur kalus diganti dengan tulang yang kuat dan terorganisasi. Renovasi berlangsung selama berbulan-bulan setelah patah tulang tidak lagi menyakitkan dan tampaknya sembuh dengan rontgen.

Patah tulang lenngan atas (alodokter.com)

# Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang

Buat kamu yang baru saja mengalami patah tulang, atau sedang dalam masa penyembuhan, berikut beberapa cara agar cepat pulih dari patah tulang:

1. Ikuti perintah dokter dalam hal aktivitas.

Misalnya, beberapa patah tulang mungkin memerlukan aktivitas dini dan menahan beban untuk mempercepat penyembuhan patah tulang. Sementara yang lain justru perlu menghindari bergerak dan menahan beban. Penggunaan otot pada anggota tubuh yang cedera membantu aliran darah, mengurangi pembengkakan, dan mempercepat pertukaran nutrisi ke jaringan yang rusak. Ini juga membantu mengurangi kekakuan dan atrofi otot (penyusutan).

2. Nutrisi: Pertahankan pola makan yang seimbang. Protein, Vitamin C, D, dan K semuanya penting untuk penyembuhan patah tulang. Kalsium, Magnesium, Fosfor dan Seng merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Merokok: Jika kamu merokok, BERHENTI. Cara ini mungkin satu-satunya hal terbesar yang dapat kamu lakukan untuk membantu penyembuhan patah tulang. Merokok menghambat aliran darah kapiler halus yang penting untuk penyembuhan.

4. Hindari obat Antiinflamasi Nonsteroid dosis tinggi seperti ibuprofen atau naproxen. Obat-obatan ini dapat menghambat fase awal penyembuhan patah tulang.

Semoga informasi tadi menjawab rasa penasaranmu ya! Semoga cepat sembuh..

Terapi setelah patah tulang di lengan (roojai.co.id)