4 Cara Mengolah Nasi Sisa yang Sayang Dibuang

Yuk cari tahu cara mengolah nasi sisa yang bisa menjadi sajian yang baru dan juga enak! Enggak bakal buang makanan lagi deh!

Pernah nggak sih kamu kebingungan karena tidak tahu cara mengolah nasi sisa semalam. Padahal kondisi nasinya masih baik, belum basi, dan jumlahnya banyak. Sayang banget kan kalau harus dibuang. Lagipula, membuang-buang makanan termasuk dalam pemborosaan. Nah, biar nasi sisa di rumah nggak terbuang percuma. Yuk, olah nasi sisa tadi menjadi beberapa olahan berikut ini. Nggak perlu dibuang deh.

1. Nasi Goreng

Kalau cara yang pertama ini pasti sudah banyak yang tahu. Nasi sisa semalam memang paling cocok dimasak menjadi nasi goreng dan disantap saat sarapan. Kamu bisa menambahkan sayuran, sosis, bakso, atau daging untuk menambah kenikmatannya.

Bumbu nasi goreng juga simple banget kan. Bahkan sekarang sudah banyak dijual bumbu nasi goreng instan. Jadi kamu tetap bisa makan nasi goreng enak, tanpa harus repot mengupas bawang.

2. Bola-Bola Nasi

Cara Mengolah Nasi Sisa (via Kompas)

Selain nasi goreng, kamu juga bisa mengolah nasi sisa menjadi bola-bola nasi yang bisa dijadikan camilan enak untuk anak-anak. Nasi sisa tadi tinggal dicampur dengan berbagai bahan, seperti telur, keju parut, dan bumbu kesukaan kamu. Setelah semua bahan tercampur sempurna, bentuk nasi menjadi bola-bola dan goreng hingga kecoklatan.

3. Bubur Nasi

Cara Mengolah Nasi Sisa (via Desk Jabar)

Pagi-pagi sarapan bubur memang paling pas kan. Nah, kamu bisa memanfaatkan nasi sisa semalam yang diolah menjadi bubur nasi. Untuk memasaknya, kamu bisa mencampur nasi dengan kaldu ayam, sayuran, daging, bakso, dan bahan lainnya sesuai selera. Bumbui dengan rempah-rempah. Dan bubur nasi sudah siap terhidang untuk sarapan sekeluarga.

4. Nasi Bakar

Cara Mengolah Nasi Sisa (via Merdeka)

Cara terakhir agar nasi sisa semalam tidak terbuang, kamu bisa mengolahnya menjadi nasi bakar. Campur sisa nasi dengan olahan ayam atau sayuran. Lalu, tambahkan bumbu favoritmu. Kemudian bungkus dengan daun pisang, dan bakar sebentar hingga daun pisang menghitam. Jadi deh, nasi bakar lezat untuk sarapan nikmat.

Nah, itu tadi beberapa cara mengolah nasi sisa semalam. Lebih bermanfaat, karena perut kenyang dan nasi pun tidak terbuang. Rasanya pun tetap enak dan pastinya disukai keluarga. Yuk cobain!

Cara Mengolah Nasi Sisa (via Kompasiana)