Wajib Waspada dan Pahami Apa Saja Hal-Hal yang Meningkatkan Sunburn

Kamu wajib waspada akan hal-hal yang meningkatkan sunburn berikut ini agar kulit tetap sehat terlindung dari sinar matahari. Yuk simak ulasannya!

Akhir-akhir ini cuaca memang sedang panas ekstrim. Karena itu, kamu wajib waspada sebab ada banyak hal yang menjadi penyebab risiko sunburn meningkat dan bisa membahayakan kulit. Lantas apa sajakah hal-hal yang meningkatkan sunburn?

Mengutip laman Halodoc, sunburn merupakan reaksi peradangan pada lapisan terluar kulit yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet dari matahari yang merusak sel-sel kulit. Peradangan ini biasanya akan membuat kulit menjadi kemerahan dan terasa sakit.

Bahkan untuk jangka panjang dapat menimbukkan kerusakan kulit seperti penuaan dini dan kanker kulit. Nah, agar kamu lebih waspada, kamu wajib tahu hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan risiko sunburn meningkat.

1. Salah Memakai Pakaian

Pakaian juga bisa menjadi salah satu sebab meningkatkan risiko sunburn. Sebab jika kamu memilih pakaian yang tidak dapat melindungi kulit dari sinar matahari, maka risiko sunburn akan meningkat.

Perlu diketahui bahwa paparan langsung sinar matahari selama periode waktu yang lama, terutama saat matahari puncak (biasanya antara pukul 10 pagi hingga 4 sore), dapat meningkatkan risiko terjadinya sunburn. Agar tetap terlindungi, kamu bisa mencari pakaian yang menunjukkan label bahwa pakaian tersebut telat dirawat dengan pelindung UV.

2. Tidak Memakai Sunscreen dengan Cukup

Hal-Hal yang Meningkatkan Sunburn (via Alodokter)

Penyebab kedua yang bisa meningkatkan risiko sunburn adalah tidak memakai sunscreen atau tidak menggunakannya dengan cukup. Penggunaan sunscreen sebaiknya jangan sampai terlewat karena kurangnya perlindungan sunscreen bisa mengakibat kulit terbakar dan menjadi gelap. Untuk mengurangi risiko sunburn pada kulit, sebaiknya gunakan sunscreen dengan SPF minimal 15 secara rutin dan oleskan ulang setiap beberapa jam sekali.

3. Berada di Lokasi Terbuka

Hal-Hal yang Meningkatkan Sunburn (via Beautynesia)

Sering beraktivitas di luar ruangan juga bisa membuat kulitmu mudah terbakar matahari. Karena itu, penggunaan sunsreen seperti yang sudah disebutkan tadi amatlah penting. Selain itu, permukaan pantai atau bersalju dapat memantulkan sinar matahari secara langsung ke kulit, meningkatkan risiko sunburn sehingga kamu harus memiliki perlindungan ekstra.

4. Usia dan Jenis Kulit

Hal-Hal yang Meningkatkan Sunburn (via Merdeka)

Perlu diketahui bahwa bertambahnya usia membuat kulit seseorang menjadi lebih tipis. Karena itu, orang yang lebih tua kulitnya lebih rentan mengalami sunburn. Hal ini terjadi karena kulit orang yang lebih tua hanya memiliki sedikit sel yang memproduksi melanin. Bertambahnya usia juga dapat membuat kulit kehilangan elastisitasnya sehingga lebih rentan rusak.

Selain itu, individu dengan tipe kulit yang lebih terang atau memiliki sedikit atau tidak ada pigmen melanin memiliki risiko yang lebih tinggi terkena sunburn. Kulit yang lebih gelap memiliki perlindungan alami yang lebih baik terhadap sinar matahari.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja hal-hal yang meningkatkan sunburn dan juga resikonya. Maka dari itu, mulai sekarang hindari penyebab yang sudah disebutkan tadi agar kulit kamu tetap sehat.

Hal-Hal yang Meningkatkan Sunburn (via Beautynesia)