Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia, Ada yang Berharta Ribuan Triliun

Sejumlah pemilik klub sepak bola terkaya di dunia memiliki harta yang cukup banyak. Wajar saja mereka punya klub sepak bola.

Sepak bola tak hanya sebagai olahraga karena sudah menjadi industri. Bisnis dengan membeli klub sepak bola di dunia memang menjanjikan. Para pemilik klub sepak bola terkaya ini pun dikenal memiliki harta yang cukup fantastis sebagai owner sebuah klub. Siapa saja pemilik klub sepak bola terkaya di dunia?

Mohammed Bin Salman (Newcastle United)

Mohammed Bin Salman diketahui memiliki klub asal Inggris, Newcastle United. Saat ini memang Newcastle United menjadi kuda hitam di kompetisi Liga Inggris dengan finish di urutan ke-4 mengalahkan Liverpool dan Chelsa.

Mohammed Bin Salman anak dari Raja Arab Saudi ini sedang merintis menjadikan Newcastle United menjadi klub sepak bola dengan segudang prestasi. Uang yang banyak rasanya tak masalah dalam merekrut pemain mahal. Mohammed Bin Salman diketahui memiliki harta mencapai 5.795 triliun. Ia membeli klub Newcastle United seharga Rp 5,5 triliun.

Tamim Bin Hamad Al Thani

Pemilik kelub sepak bola terkaya berikutnya adalah pengusaha asal Qatar, Tamim Bin Hamad Al Thani. Ia merupakan pemilik perusahaan penerbangan Qatar Air yang melakukan investasi besar-besaran di Paris Saint Germain atau PSG. Ia memiliki harga nyaris 4.000 triliun

Selama ia jadi pemilik klub, PSG memang mampu merekrut pemain kelas dunia, seperti Neymar dan Lionel Messi. Sayangnya sampai sekarang PSG masih belum pernah mencicipi jadi juara Liga Champions. PSG hanya dominan di kandangnya di Prancis.

Sheikh Mansour

Pengusaha timur tengah yang pertama investasi di sepak bola salah satunya adalah Sheikh Mansour. Sheikh Mansour merupakan bos Manchester City. Ia berasal dari Uni Emirates Arab sekaligus pemilik saham di Abu Dhabi United Group.

Sheikh Mansour memang memiliki harta yang sangat besar sekitar 380 triliun. Makanya lewat Manchester City ia mampu membuat tim tersebut memiliki banyak prestasi dengan mendatangkan pemain dan pelatih top. Terbaru klub miliknya berhasil merebut juara Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya (Sporstars.id)

Dietrich Mateschitz

Pemilik klub sepak bola terkaya berasal dari Eropa yakni Dietrich Mateschitz. Ia adalah pengusaha asal Austria dan memiliki produk minuman Red Bull. Ia menjadi pemilik klub sepak bola RB Leipzig di Jerman dan RB Salzburg di Austria. Ia juga memiliki beberapa klub di Amerika Serikat termasuk berinvestasi dalam dunia otomotif karena punya harta sekitar Rp 284 triliun.

Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya (Kompas.com)