7 Manfaat Olahraga Berenang Bagi Tubuh, Bagus Banget untuk Kesehatan Jangka Panjang

7 Manfaat Olahraga Berenang Bagi Tubuh, Bagus Banget untuk Kesehatan Jangka Panjang

Berenang adalah cara terbaik untuk melatih seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular kita. Satu jam berenang membakar kalori hampir sama banyaknya dengan berlari, tanpa berdampak pada tulang dan persendian.

Ada sejumlah manfaat yang dapat kamu peroleh dari berenang secara teratur. Baca terus artikel ini sampai akhir untuk mengetahui manfaat berenang dan cara memasukkan renang ke dalam rutinitas.

# 7 Manfaat Berenang yang Perlu Kamu Tahu

1. Menyembuhkan asma

Lingkungan yang lembap di kolam dalam ruangan membuat berenang menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi penderita asma. Tidak hanya itu, tetapi latihan pernapasan yang terkait dengan olahraga, seperti menahan napas, dapat membantumu memperluas kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasanmu.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Berenang mungkin memiliki kekuatan untuk membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari. Di sebuah penelitian pada orang dewasa yang lebih tua dengan insomnia, peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dan tidur setelah melakukan latihan aerobik secara teratur.

3. Membantu Mengontrol Stress

Para peneliti mensurvei sekelompok perenang sebelum dan sesudah berenang di YMCA di New Taipei City, Taiwan. Dari 101 orang yang disurvei, 44 dilaporkan mengalami depresi ringan dan merasa stres terkait dengan kehidupan yang serba cepat. Setelah berenang, jumlah orang yang masih merasa stres berkurang menjadi hanya delapan orang.

Berenang dapat menyembuhkan asma (suara.com)

4. Membakar Kalori

Berenang adalah cara yang efisien untuk membakar kalori. Seseorang dengan berat 160 pon membakar sekitar 423 kalori per jam saat berenang dengan kecepatan rendah atau sedang. Orang yang sama dapat membakar hingga 715 kalori per jam berenang dengan kecepatan yang lebih tinggi. Orang seberat 200 pon yang melakukan aktivitas yang sama akan membakar antara 528 dan 892 kalori per jam. Seseorang dengan berat 240 pon mungkin membakar antara 632 dan 1.068.

5. Menjaga kesehatan organ dalam 

Saat otot mendapatkan latihan yang baik, sistem kardiovaskular juga demikian. Berenang membuat jantung dan paru-paru kuat. Berenang sangat baik sehingga para peneliti menyebut bahkan dapat mengurangi risiko kematian. Dibandingkan dengan orang yang tidak aktif, perenang memiliki sekitar setengah risiko kematian. 

6. Membantu Memulihkan Tubuh dari Cedera 

Berenang bahkan dapat membantu mengurangi sebagian rasa sakit atau meningkatkan pemulihan dari cedera. Satu studi menunjukkan bahwa orang dengan osteoarthritis melaporkan pengurangan nyeri dan kekakuan sendi yang signifikan, dan mengalami lebih sedikit keterbatasan fisik setelah melakukan aktivitas seperti berenang dan bersepeda.

7. Menguatkan Tubuh

Berenang dapat mengontrol stress (detik.com)

Salah satu manfaat terbesar berenang adalah benar-benar melatih seluruh tubuh, dari ujung kepala hingga ujung kaki. 

Berenang jugaagus untuk:

- meningkatkan detak jantung  tanpa membuat tubuh stres

- mengencangkan otot

- membangun kekuatan

- membangun daya tahan

Nah, itu tadi manfaat luar biasa berenang yang perlu kamu tahu. Yuk, rutin berenang!

Tubuh kuat dan sehat berkat berenang (siarandepok.com)