Ingin Beli Rumah Murah? Coba Deh Pergi ke Jepang, Tapi...

Ingin beli rumah murah? Selalu membayangkan rasanya tinggal di luar negeri? Jepang punya rumah 'hantu' hantu yang bisa kamu miliki lho!

Jepang, rumah buat sushi enak, anime, manga dan Japan Adult Video. Namun, ketidakberuntungan yang dirasakan oleh masyarakat Jepang, bisa jadi keberuntungan bagimu.

Ternyata eh ternyata, negara ini memiliki banyak sekali rumah kosong. Bahkan, karena kosong terlalu lama, rumah-rumah itu dibagikan secara gratis oleh pemerintah kepada masyarakat. 

Kok bisa, ya? Scrolling ke bawah, cuy. Barangkali, di masa depan, kamu ingin beli rumah murah dan ingin tinggal di Jepang. Tentu membaca artikel ini bisa sangat berguna, kan.

Rumah Akiya

Rumah kosong yang dibagikan itu, oleh pemerintah Jepang, disebut dengan istilah 'Rumah Akiya'. Akiya sendiri berarti hantu.

Eits, tunggu dulu. Jangan terburu rasa takut. Penggunaan kata itu hanyalah penyebutan untuk rumah atau properti yang ditinggal begitu saja karena pernah terjadi tragedi, atau karena pemilik yang meninggalkannya begitu saja.

Jual rumah murah di Jepang (pieceofjapan.blogspot.com)

Hampir semua rumah akiya berada di wilayah pinggiran kota. Seiring dengan konsentrasi hunian di wilayah perkotaan, penyusutan populasi,  serta generasi tua yang semakin berkurang.

Saat negara lain tengah berjuang mengontrol jumlah penduduk terkait dengan ketersidaan pangan dan lahan, hal sebaliknya dialami oleh Jepang. Dilansir dari QZ.com, Jepang merupakan salah satu negara yang mengalami depopulasi paling kencang di seluruh dunia.

Rumah Akiya (sea.mashable.com)

Hal itu diakibatkan jumlah kelahiran lebih kecil daripada kematian yang terus meningkat. Bahkan, hasil penelitian yang dirilis PBB, bangsa Jepang akan berjumlah 8,5 juta orang saja pada tahun 2300.

Jual rumah murah, bahkan digratiskan! Tapi...

Untuk mengatasi berbagai problem masyarakat itu, pemerintah Jepang pun menginisiasi program rumah kosong untuk pemilik potensial. Program ini dimulai pada tahun 2014.

Mereka membentuk Bank Akiya, lembaga pemerintah yang mendata dan bertindak sebagai agen bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah. 

Suasana perkotaan di negara Jepang (sea.mashable.com)

Namun, ada beberapa syarat untuk kamu yang ingin memiliki rumah akiya. Di antaranya adalah rumah ini hanya diperuntukkan untuk keluarga muda, dengan orang tua yang berusia di bawah 43 tahun, atau memiliki anak yang sudah duduk di bangku sekolah menengah.

10 juta rumah kosong bisa kamu tinggali!

Program dari pemerintah, hampir semua rumah akiya akan dibagikan gratis. Namun, dalam teknis pelaksanaannya, masyarakat masih diwajibkan untuk membayar sewa, dengan harga yang sangat murah.

Rumah Akiya (sea.mashable.com)

Sebagai contoh, di Provinsi Sichikashuku, pemerintah setempat menyewakan rumah akiya dengan  harga murah. Sedangkan pilihan untuk beli rumah murah itu hanya bisa dilakukan setelah tinggal dalam jangkan waktu yang sudah ditentukan.

Hingga kini, pemerintah berhasil menghimpun sejumlah 10 juta rumah kosong yang tersebar di seluruh wilayah Jepang. Punya keinginan pindah ke negara asal anime dan manga ini? Kamu tentu tahu kan apa yang harus dilakukan. Gaskeun, bray!

Rumah Akiya (japantimes.co.jp)