5 Gaya Fashion Di Drama Korea Paling Kontroversial, Ada Yang Dianggap Melecehkan Islam

5 Gaya fashion dalam drama Korea yang paling kontroversial salah satunya drama Man Who Dies To Live.

Tak dapat dipungkiri kalau saat ini Korea Selatan menjadi salah satu kiblat fashion berbagai negara, khususnya yang ada di benua Asia. Gaya fashion ciamik ala mereka juga dipamerkan dalam sejumlah drama Korea.

Ada banyak drama yang menghadirkan para pemain dalam balutan fashion yang modis. Meskipun banyak penampilan yang menginspirasi, tapi terkadang apa yang dikenakan di drama Korea juga bisa menimbulkan kontroversi.

Berikut ini dirangkum lima fashion dalam K-Drama yang paling kontroversial sepanjang masa. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Man Who Dies To Live (2017)

Drama yang dibintangi Choi Min Soo, Cho Tae Gwan hingga Kang Ye Won ini membuat lokasi fiksi yang meniru negara-negara di Timur Tengah. Namun drama tersebut menuai banyak kecaman karena menampilkan adegan wanita mengenakan bikini dengan jilbab. Gaya busana itu dianggap melecehkan Islam.

2. Ms. Hammurabi (2018)

Fashion K-Drama Kontroversi - Man Who Dies To Live (Brilio)

Dalam drama Ms. Hammurabi, Go Ara tampak memakai niqab atau cadar. Pakaian ini memang tidak menjadi kontroversi, namu banyak yang merasa tidak nyaman mengetahui konteksnya. Di adegan tersebut, karakter Go Ara diceritakan mengenakan rok yang terlalu terbuka. Sebagai gantinya, dia pun memakai cadar. Namun aktor lain dalam adegan itu justru menunjukkan ketakutan saat melihatnya mengenakan cadar.

3. Backstreet Rookie (2020)

Fashion K-Drama Kontroversi - Ms. Hammurabi (Koreaboo)

Drama yang dibintangi Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung ini sempat disorot karena menampilkan karakter Eum Moon Suk yang tampil dalam balutan busana yang terinspirasi Jamaika. Namun gaya fashion yang memadukan warna merah, kuning dan hijau itu justru terlihat sebagai perampasan budaya. Terlebih setelah muncul adegan dengan orang kulit hitam. Publik pun menilai drama tersebut sangat berlebihan dan ofensif.

4. Penthouse 3 (2021)

Fashion K-Drama Kontroversi - Backstreet Rookie (Koreaboo)

Drama Penthouse 3 pernah dituding rasis dan termasuk cultural appropriation karena menampilkan karakter Alex dengan rambut gimbal dengan tato di wajah sampai ke lehernya. Selain itu, Alex juga berbicara berbahasa Inggris dengan aksen Vernakular Afrika-Amerika. Menyusul kontroversi ini, sang pemeran Alex, Park Eun Seok menyampaikan permintaan maaf.

5. The Glory (2022)

Fashion K-Drama Kontroversi - Penthouse 3 (Instagram)

Aktris Cha Joo Young menjadi perhatian berkat gaun putih ikonik yang dikenakannya dalam drama The Glory. Pasalnya, gaun tersebut dianggap terlalu terbuka dan mengekspos bagian payudaranya. Awalnya, Joo Young memang tidak mau mengenakan gaun tersebut karena akan terlihat mengerikan di kamera. Namun, sang sutradara justru ingin dia memakai gaun putih itu.

Fashion K-Drama Kontroversi - The Glory (Twitter)