Tebalkan Dompet! Ini 5 Oleh-Oleh Khas Purwokerto yang Wajib Dibeli

Souvenir dan kerajinan tangan berikut ini bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Purwokerto yang wajib kamu beli untuk diberikan kepada saudara atau tetangga.

Jalan-jalan ke Purwokerto tentu nggak lengkap kalau nggak beli oleh-oleh khas Purwokerto untuk buah tangan tetangga atau saudara. Sebab, Purwokerto disebut memiliki banyak kuliner khas yang enak dan wajib dicoba.

Tidak hanya kuliner, oleh-oleh berupa souvenir dan kerajinan tangan pun juga unik banget. Jadi sayang kan kalau sampai dilewatkan. Nah, kalau kamu belum tahu apa saja oleh-oleh khas Purwokerto yang wajib dibeli. Berikut ini daftarnya seprerti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gethuk Goreng

Kalau biasanya gethuk diolah dengan cara dikukus, namun di Purwokerto ada makanan bernama Gethuk Goreng. Makanan ini terbuat dari singkong dan gula merah yang digoreng hingga kecoklatan. Untuk rasanya, saat ini sudah banyak berkembang, sehingga tersedia rasa coklat hingga durian.

2. Keripik Tempe

Oleh-oleh Khas Purwokerto (via Perpus Provinsi Jateng)

Selain gethuk goreng, Purwokerto juga memiliki makanan khas lain, yakni keripik tempe. Buat kamu pecinta tempe, wajib banget nih beli makanan yang satu ini. Teksturnya yang renyah dan gurih, bikin siapa saja yang mencicipinya pasti ketagihan.

3. Nopia

Oleh-oleh Khas Purwokerto (via Shopee)

Selanjutnya ada oleh-oleh khas Purwokerto bernama Nopia. Eits, ini bukan nama orang ya, namun nopia atau biasa disebut ndog bulus adalah makanan yang terbuat dari terigu dengan isian gula merah. Makanan ini diproses dengan cara dipanggang dengan tungku.

4. Lumpia Boom

Oleh-oleh Khas Purwokerto (via Kabar Penumpang)

Oleh-oleh khas Purwokerto yang keempat adalah lumpia boom. Tidak seperti lumpia pada umumnya, lumpia boom memiliki ukuran jumbo dan isiannya beragam. Kamu bisa request isian lumpia sesuai dengan selera kamu.

5. Lupis

Oleh-oleh Khas Purwokerto (via Cookpad)

Terakhir ada makanan khas purwokerto lainnya, yakni lupis. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan dijual di pasar tradisional Purwokerto. Makanan ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan juga gula merah cair.

Nah, itu tadi beberapa oleh-oleh khas Purwokerto yang wajib kamu beli kalau berkunjung ke sana. Jadi siap-siap tebalkan dompet ya biar bisa membeli semua oleh-oleh lucu seperti yang disebutkan di atas.

Oleh-oleh Khas Purwokerto (via TopiJelajah)