5 Rekomendasi Kebun Raya di Indonesia yang Cocok Dikunjungi Bareng Keluarga

Ada beberapa rekomendasi kebun raya di Indonesia yang wajib banget kamu kunjungi. Yuk simak ulasannya!

Indonesia memang terkenal dengan destinasi wisata alam yang memukau, salah satunya adalah kebun raya di Indonesia. Destinasi ini merupakan lahan luas yang ditanami berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dengan tujuan koleksi, penelitian, dan lainnya. Nah, kalau kamu belum pernah liburan ke kebun raya bersama keluarga, coba deh berkunjung ke beberapa rekomendasi kebun raya di Indonesia berikut ini.

1. Kebun Raya Bogor

Rekomendasi kebun raya yang pertama adalah Kebun Raya Bogor. Destinasi ini merupakan kebun raya yang tertua dan terbesar di Indonesia. Berdiri pada tahun 1817 dengan luas 87 hektare, kebun raya ini memiliki lebih dari 15.000 jenis tanaman lengkap, baik tanaman langka dan segala jenis anggrek. Kebun Raya Bogor juga terkenal dengan istana kepresidenan yang terletak di dalamnya, yaitu Istana Bogor.

2. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya di Indonesia (via KWRI UNESCO)

Rekomendasi kedua, ada Kebun Raya Purwodadi yang berada di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Kebun raya ini didirikan oleh Dr. L.G.M. Baas Becking pada 30 Januari 1941. Mengutip laman kebunraya.id, kebun raya yang juga dikenal dengan nama Hortus Ilkim Kering Purwodadi ini merupakan Balai Konservasi Tumbuhan yang bernaung dibawah dan bertanggung jawab kepada Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati-LIPI (Lembaga IImu Pengetahuan Indonesia).

3. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya di Indonesia (via Atourin)

Rekomenfasi ketiga ada Kebun Raya Cibodas yang terletak di kawasan Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Dengan luas sekitar 84 hektare, kebun raya ini memiliki koleksi tanaman hutan dan pegunungan. Kebun raya yang berjarak sekitar 100 KM dari Jakarta dan 80 KM dari Bandung ini didirikan oleh oleh Johannes Ellias Teijsmann, seorang kurator Kebun Raya Bogor pada 11 April 1852.

4. Kebun Raya Eka Karya Bedugul

Kebun Raya di Indonesia (via Pinhome)

Terletak di Bedugul, Bali, Kebun Raya Eka Karya merupakan kebun raya pertama yang didirikan di Pulau Bali. Kebun ini memiliki koleksi tumbuhan yang khas daerah dataran tinggi, termasuk berbagai jenis anggrek, bunga-bungaan, dan pohon-pohon besar. Selain itu, kebun ini juga menawarkan pemandangan indah dan udara segar di kawasan pegunungan Bali.

5. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya di Indonesia (via Love Bali)

Terletak di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kebun Raya Balikpapan merupakan kebun raya terbesar di wilayah Kalimantan. Kebun ini menampilkan keanekaragaman flora Kalimantan, termasuk tumbuhan endemik dan langka. Selain itu, kebun ini juga memiliki taman kupu-kupu, taman burung, dan taman miniatur hewan purba yang menarik untuk dikunjungi.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi kebun raya di Indonesia yang cocok dikunjungi bareng keluarga. Suasananya yang asri bakal membuatmu merasa lebih tenang dan nyaman. Dijamin betah deh.

Kebun Raya di Indonesia (via Mediatani)