5 Hal yang Wajib Dibahas Sebelum Menikah, Biar Makin Lancar ke Depannya!

Tahukah kamu bahwa ada beberapa hal yang wajib dibahas sebelum menikah bersama pasangan? Yuk cari tahu ulasannya berikut ini!

Bagi kamu yang berencana melangsungkan pernikahan, ada beberapa hal yang wajib dibahas sebelum menikah bersama pasangan. Beberapa topik mengenai bagaimana menjalani kehidupan rumah tangga perlu dibicarakan bersama agar jika terdapat perbedaan dalam cara dan tujuan dalam berumah tangga, kamu dan pasangan bisa berkompromi dan mencapai pemahaman yang sama sebelum melangsungkan pernikahan. Lalu, apa saja yang wajib dibahas sebelum menikah? Berikut informasinya:

1. Visi dan Impian

Hal yang wajib dibahas sebelum menikah yang pertama adalah visi dan impian. Berumah tangga, berarti menjalani hidup dengan seseorang sepanjang sisa usia. Karena berasal dari 2 individu yang berbeda, maka sebaiknya diskusikan terlebih dahulu mengenai visi dan impian masing-masing masing. Dengan begitu, saat menjalani kehidupan rumah tangga bersama pasangan, kamu telah memiliki roadmap pernikahan sesuai rencana yang telah kalian berdua sepakati.

2. Rencana Rumah Tangga

Hal yang Wajib Dibahas Sebelum Menikah (via Alodokter)

Selain impian ke depan, kamu juga perlu membahasan rumah tangga seperti apa yang kamu ingin dapatkan bersama pasangan. Hal ini penting dibicarakan sebelum menikah agar tidak menimbulkan perselisihan nantinya. Apakah kamu ingin rumah tangga yang berlandaskan nilai agama, atau ingin memiliki rumah tangga yang bebas sehingga masih bisa bertindak sesuka hati, dan sebagainya.

Penting juga untuk membahas mengenai akan tinggal dimana nanti setelah menikah dan pengaturan lain yang bersifat teknis dalam rumah tangga. Jika dibicarakan di awal, segala kendala yang mungkin muncul dapat diantisipasi sebelumnya.

3. Finansial

Hal yang Wajib Dibahas Sebelum Menikah (via Wahana Bahagia)

Hal berikutnya yang penting dibahas adalah mengenai finansial. Seringnya seseorang menganggap tabu membicarakan mengenai pengelolaan keuangan setelah menikah, padahal topik ini penting dibahas untuk menyamakan persepsi kamu dan pasangan mengenai pengelolaan keuangan rumah tangga. Saat membahas topik ini, kamu perlu jujur mengenai posisi keuanganmu. Tekankan juga pada pasangan untuk mau terbuka membahas masalah ini.

Topik yang bisa dibahas adalah bagaimana kalian berdua nantinya akan menggunakan uang jika kalian berdua bekerja. Apakah semua penghasilan laki-laki dan perempuan akan digunakan bersama, untuk pembiayaan apa saja, hingga tujuan finansial jangka panjang misalnya saja rencana membeli rumah dan kendaraan.

4. Utang 

Hal yang Wajib Dibahas Sebelum Menikah (via Gramedia)

Setelah membicarakan mengenai keuangan, kamu juga perlu membahas mengenai hutang yang kamu dan pasangan miliki. Membicarakan hutang yang dimiliki satu sama lain bukanlah hal yang tabu dan memalukan. Membicarakan topik ini sebelum melangkah ke jenjang pernikahan akan membantu menyelamatkanmu dan pasangan dari kekecewaan di masa depan. Karena hutang yang kamu dan pasangan miliki sebelum menikah, nantinya akan ditanggung bersama setelah menikah. 

5. Anak

Hal yang Wajib Dibahas Sebelum Menikah (via OCBC NISP)

Hal yang wajib dibahas sebelum menikah selanjutnya adalah mengenai anak. Penting untuk membahas hal ini agar kamu dan pasangan benar-benar memiliki tujuan yang sama. Bagi beberapa orang, memiliki keturunan merupakan keharusan sehingga akan diupayakan dengan berbagai cara. Namun bagaimana jika ternyata pasangan beberapa orang tersebut justru tidak ingin memiliki anak?

Karena itu penting untuk dibahas apakah kamu dan pasangan ingin memiliki anak. Jika iya, berapa banyak anak yang kamu harapkan akan kamu miliki, lalu bagaimana pola pengasuhan yang ingin kamu terapkan, dan sebagainya.

Itulah 5 hal yang wajib dibahas sebelum menikah bersama pasangan. Beberapa pasangan gagal mempertahankan rumah tangga karena merasa kecewa pada kehidupan rumah tangga yang tidak sesuai dengan harapan dan imajinasinya. Karena itu, pastikan kamu sudah benar-benar memahami apa yang akan kamu hadapi sebelum melangkah ke jenjang pernikahan.

Hal yang Wajib Dibahas Sebelum Menikah (via KlikDokter)