Nggak Bikin Sakit Hati, Ini 3 Cara Melampiaskan Amarah Tanpa Marah-Marah

Adakah cara melampiaskan emosi tanpa marah-marah? Untuk kamu yang mudah tersulut emosi, yuk simak beberapa tips berikut ini!

Adakah cara melampiaskan emosi tanpa marah-marah? Setiap orang tentu saja memiliki rasa marah. Hal tersebut adalah hal yang lumrah, sebab marah adalah salah satu cara meluapkan emosi. Selain itu, rasa marah adalah bentuk energi negatif yang harus diluapkan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental.

Tapi agar tidak berapi-api dan menyakiti hati orang lain, kamu harus tahu bagaimana cara melampiaskan amarah tanpa marah-marah. Kalau selama ini kamu termasuk orang yang masih suka melampiaskan emosi dengan cara marah-marah nggak jelas sampai menyakiti orang lain. Coba deh beberapa cara berikut ini agar pelampiasan amarahmu tidak sampai merugikan orang lain.

1. Memukul

Ada banyak cara melampiaskan amarah yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan cara memukul. Eits, bukan memukul orang ya, tapi memukul benda yang letaknya jauh dari keramaian agar tidak sampai melukai orang lain.

Kamu bisa memukul apa saja, seperti dinding, bantal, samsak, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa kok melampiaskan amarah sambil bermain tenis atau bulu tangkis. Kamu bisa memukul bola sekencang-kencang tanpa takut melukai orang lain.

2. Habiskan Energimu

Cara Melampiaskan Amarah Tanpa Marah-Marah (via Okezone)

Saat merasa marah, kamu akan merasakan energi yang begitu besar dari dala tubuh. Nah, agar energimu ini tidak dipakai untuk menyakiti orang lain, sebaiknya perbanyak aktivitas hingga kamu merasa kelelahan. Seperti beres-beres rumah, memasak, bernyanyi, atau berolahraga. Setelah energimu berkurang banyak, dijamin kamu pasti tidak lagi ingin marah, sebab energimu sudah cukup terkuras.

3. Mendengarkan Musik

Cara Melampiaskan Amarah Tanpa Marah-Marah (via Suara)

Mendengarkan musik adalah salah satu cara melampiaskan amarah tanpa marah-marah. Kamu bisa mendengarkan lagu-lagu kesukaanmu, hingga semua amarah yang ada dalah dada tertumpahkan dengan sempurna. Kamu bisa menangis atau berteriak untuk membuang semua hal yang mengganjal dalam hati dan pikiranmu.

4. Mengatur Napas

Cara Melampiaskan Amarah Tanpa Marah-Marah (via Roojai Indonesia)

Ketika merasa amarah, fokuslah pada pernapasan. Tarik napas dalam-dalam dan hitung hingga empat, lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Latihan pernapasan ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan meredakan ketegangan emosional. Dengan demikian, kamu akan merasa sedikit rileks dan mulai mampu berpikir jernih kembali.

5. Menulis

Cara Melampiaskan Amarah Tanpa Marah-Marah (via Liputan6)

Menulis atau mencatat pikiran dan perasaanmu adalah cara mudah untuk mengungkapkan emosi dengan cara yang konstruktif. Kamu dapat menulis dalam jurnal pribadi atau membuat daftar mengenai apa yang membuat Anda marah dan mencoba mengevaluasi situasi tersebut dengan lebih objektif. Tidak perlu harus menghasilkan karya yang baik, kamu cukup meluapkan apa yang ingin kamu katakana dalam bentuk tulisan.

Nah, itu tadi beberapa cara melampiaskan amarah tanpa marah-marah. Cukup mudah kan? Jangan  sampai amarahmu menyakiti perasaan orang lain yang kadang tidak tahu apa-apa tentang persoalan yang tengah kamu hadapi.

Cara Melampiaskan Amarah Tanpa Marah-Marah (via Universitas Medan Area)