Jangan Mau Diremehkan! Ini 3 Alasan Perempuan Harus Berpendidikan

Perempuan yang berpendidikan memiliki banyak manfaat bagi diri mereka sendiri dan masyarakat secara keseluruhan. Apa saja, yuk simak ulasannya!

Sebagian orang mungkin masih berpikir kalau perempuan hanya berkutat pada urusan dapur dan anak. Karena itu, mereka menganggap kalau perempuan tidak perlu mengenyam pendidikan tinggi. Padahal banyak alasan perempuan harus berpendidikan tinggi. Faktanya, Perempuan yang berpendidikan memiliki banyak manfaat bagi diri mereka sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.

Jika zaman dahulu terdapat peraturan perempuan tidak boleh berpendidikan tinggi, maka kini semuanya berubah. Justru perempuan harus memiliki pendidikan tinggi seperti yang diperjuangkan oleh Ibu Kartini. Lantas, apa saja alasan perempuan harus berpendidikan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Guru Pertama Bagi Anaknya

Meski perempuan pada akhirnya tidak bekerja dan hanya menjadi ibu rumah tangga di rumah, namun hakikatnya saat sudah memiliki anak, ibu adalah orang pertama yang mengajarkan banyak hal untuk anaknya. Karena itu, ada sebutan bahwa ibu adalah guru pertama bagi anak-anaknya.

Coba bayangkan jika perempuan tidak berpendidikan, lalu bagaimana dia mengajarkan pendidikan pada anaknya. Meski hanya pelajaran sederhana, tentu harus dilakukan dengan cara yang benar.

2. Meningkatkan Strata Sosial

Alasan Perempuan Harus Berpendidikan (via Detik)

Salah satu penyebab kemiskinan adalah karena minimnya pendidikan. Terutama kaum perempuan yang dianggap tidak perlu mengenyam pendidikan. Karena itu, untuk meningkatkan strata sosial, maka seorang perempuan harus bersekolah. Sebab memiliki pendidikan tinggi tentu akan meningkatkan kualitas dirimu. Dengan begitu, kamu juga akan mendapatkan pasangan yang berkualitas juga.

Pendidikan sendiri akan membuka pintu peluang yang lebih luas bagi perempuan. Dengan memiliki pendidikan yang memadai, perempuan dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang diperlukan untuk meraih kesuksesan dalam karir dan kehidupan pribadi.

3. Sebagai Tempat Bertukar Pikiran

Alasan Perempuan Harus Berpendidikan (via Okezone)

Ketika berbincang dengan teman atau pasangan, tentu kamu akan membutuhkan lawan bicara yang nyambung agar bisa bertukar pikiran. Sebagai perempuan yang berpendidikan, tentu kamu tidak akan merasa kesulitan. Sebab wawasanmu luas, dan kamu bisa nyambung dengan berbagai topik pembicaraan yang diajukan.

4. Peningkatan Kualitas Hidup

Alasan Perempuan Harus Berpendidikan (via iNews)

Perempuan adalah pihak yang banyak berinteraksi langsung dalam berbagai aspek inti dalam kehidupan. Dengan memiliki pendidikan tinggi, mereka lebih mungkin untuk mengakses informasi kesehatan yang diperlukan dan memiliki pengetahuan tentang gaya hidup sehat. Mereka juga lebih cenderung untuk mengikuti imunisasi dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyakit.

Selain itu, perempuan yang berpendidikan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi masyarakat secara positif. Mereka dapat menjadi agen perubahan sosial dan membantu memerangi kemiskinan, ketidaksetaraan, dan kekerasan dalam masyarakat.

Nah, sekarang sudah paham kan apa saja alasan perempuan harus berpendidikan. Jadi jangan mau diremehkan dan selalu berada di belakang lelaki. Buktikan kalau perempuan juga memiliki kualitas dan bisa menjadi pemimpin.

Alasan Perempuan Harus Berpendidikan (via Suara)