Lebih Lengkap, Ini Lho Efek Samping Daun Afrika Buat Kesehatan... Berobat Gak Perlu Mahal!

Buat Paragengs, musim hujan jaga kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi teratur daun Afrika. Nih lho efek samping daun Afrika yang bisa kamu nikmati.

Daun yang kalo dimakan rasanya pahit ini, oleh peneliti disebut dengan nama Vernonia Amygdalina. Di Indonesia, kita mengenalnya sebagai Daun Afrika. 

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari tanaman ini. EFek samping daun Afrika pun bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Yuk simak, ada 5 khasiat daun Afrika yang akan kita bahas.

Tubuh sehat (dermascope.com)

Mengandung zat anti kanker

Dilansir dari Foodbay.tv, daun Afrika dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Howard Stevenson, terapi daun Afrika terbukti mampu menghambat perkembangan sel kanker payudara.

Daun Afrika atau Bitter Leaf (natureherballife.com)

Pengobatan penderita Diabetes

Selama ini, perawatan Diabetes bertujuan untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Oleh karena itu, biasanya penderita diminta untuk meminum ekstrak tanaman yang rasanya pahit secara teratur. Hal ini pun sudah diuji coba secara klinis. Dan salah satu tanaman yang digunakan untuk perawatan Diabetes adalah daun Afrika ini.

Daun Afrika (foodbay.tv)

Pengobatan Malaria

Di beberapa suku yang ada di Afrika, khususnya Nigeria, daun Afrika termasuk dalam ramuan tradisional masyarakat untuk menyembuhkan penyakit Malaria. Menurut penelitian modern, hal itu pun sudah dibuktikan melalui penelitian. Terbukti, daun Afrika memiliki zat anti plasmodik yang berguna untuk melawan Malaria.

Daun Afrika (legit.ng)

Obat penenang

Menurut penelitian yang diterbitkan di Advanced Pharmaceutical Bulleti Vol. 4, daun Afrika terbukti efektif digunakan untuk obat penenang saat manusia mengalami luka. Selain itu, penerapan ramuan daun Afrika langsung di luka, terbukti juga bisa mempercepat pengeringan.

Daun Afrika (statereporters.com)

Melancarkan pencernaan

Menurut ramuan tradisional yang berasal dari Afrika, masyarakat tradisional sana memiliki cara tersendiri untuk mengeluarkan efek samping daun Afrika. Menurut masyarakat, meminum ekstrak daun Afrika bisa menyembuhkan sembelit dan sakit perut.

Nah, itulah 5 efek samping daun Afrika yang bisa kamu nikmati. 4 di antaranya sudah terbukti secara klinis. Kamu pun bisa langsung terapkan sendiri, kok.

Daun Afrika (amazon.com)