Jangan Panik! Begini Lho Tips Mengatasi Keputihan yang Berlebihan

Kamu harus tahu bagaimana tips mengatasi keputihan yang berlebihan dengan benar. Yuk simak caranya berikut ini!

Memiliki masalah keputihan yang berlebihan memang membuat tidak nyaman, dan bisa mengganggu aktivitas. Karena itu, kamu harus tahu bagaimana tips mengatasi keputihan yang berlebihan dengan benar.

Semua perempuan pasti tahu kalau keputihan adalah hal normal yang dialami perempuan. Sebab cairan bening ini bermanfaat untuk menjaga organ intim wanita agar tetap bersih dan lembab. Nah, jika kamu mengalami keputihan berlebih, kamu tidak perlu panik. Beberapa cara mengatasi keputihan ini mungkin bisa membantu kamu.

1. Menjaga Kebersihan Miss V

Menjaga kebersihan area intim memang sangat penting,  terlebih ketika kamu mengalami keputihan. Bersihkan dengan cara yang benar, seperti membasuhnya dengan air mengalir dari arah depan ke belakang. Setelah itu, segera keringkan vagina agar tidak lembab dan menjadi sarang bakteri.

2. Pastikan Vagina Tetap Kering

Tips Mengatasi Keputihan yang Berlebihan (via CNN Indonesia)

Vagina yang lembab bisa menjadi sarang bakteri dan tempat tumbuhnya jamur. Karena itu, kamu harus memastikan area intimmu tetap kering. Untuk mencegah infeksi. Kamu bisa menggunakan pantyliners atau rajin mengganti celana dalam jika sudah basah.

3. Konsumsi Pisang

Tips Mengatasi Keputihan yang Berlebihan (via ANTARA News)

Tahu nggak sih, kalau ternyata mengonsumsi pisang dapat mengatasi keputihan yang tidak normal lho. Bahkan makan pisang yang terlalu matang bisa menjadi solusi menghentikan keputihan.

4. Banyak Minum Air Putih

Tips Mengatasi Keputihan yang Berlebihan (via Astronauts)

Sudah menjadi rahasia  umum kalau air putih memiliki banyak sekali manfaat baik untuk tubu, termasuk mengatasi keputihan. Karena itu, bagi kamu yang memiliki masalah keputihan, diabjurkan untuk minum banyak air putih. Sebab, air putih mengatasi infeksi vagina dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Nah, itu tadi beberapa tips mengatasi keputihan yang berlebihan pada perempuan. Masalah keputihan sebenarnya cukup normal dialami oleh perempuan, jadi nggak usah panik ya. Ingat selalu untuk menjaga kebersihan area intim, dan konsultasikan dengan dokter jika terjadi masalah yang mengganggu.

Tips Mengatasi Keputihan yang Berlebihan (via Halodoc)