Capek Sih, Tapi Ternyata Ini Lho Manfaat Naik Turun Tangga

Ternyata ada banyak manfaat naik turun tangga yang bisa diperoleh meski harus merasa capek. Apa saja?

Saat pergi ke pusat perbelanjaan, tentu banyak orang yang lebih suka menggunakan eskalator atau lift untuk naik ke lantai atas dari pada menggunakan tangga biasa. Alasannya agar lebih cepat dan mudah. Padahal ada banyak manfaat naik turun tangga yang bisa diperoleh meski harus merasa capek.

Meski terlihat sepele, sebenarnya naik turun tangga juga termasuk jenis olahraga ringan yang sangat baik untuk kesehatan. Kegiatan ini sangat cocok untuk kamu yang mageran, sebab kamu nggak perlu menyediakan waktu khusus untuk berolahraga. Lantas, apa saja sih manfaat naik turun tangga? Berikut ini daftarnya:

1. Menguatkan Jantung dan Paru-Paru

Manfaat naik-turun tangga yang pertama adalah dapat menguatkan jantung dan paru-paru. Sebab, kegiatan ini termasuk dalam latihan kardio yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Dengan begitu, aliran darah dan oksigen dalam tubuh akan lebih lancar.

Manfaat Naik Turun Tangga (via SehatQ)

2. Menguatkan Tulang dan Otot

Tidak hanya menguatkan jantung dan paru-paru, naik-turun tangga juga dapat menguatkan tulang dan otot, mulai dari otot kaki, paha, lengan, dan punggung. Selain itu, naik turun tangga juga dapat meningkatkan kepadatan tulang, dengan begitu risiko osteoporosi semakin berkurang. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan para lansia yang gemar melakukan aktivitas naik turun tangga akan lebih bugar dan mandiri.

Manfaat Naik Turun Tangga (via Kanya)

3. Mengurangi Risiko Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang bisa mengancam segala usia. Dan aktivitas naik turun tangga dapat menurunkan risiko penyakit tersebut. Sebuah studi menyebutkan bahwa orang-orang yang terbiasa melakukan aktivitas naik turun tangga sebanyak 3-5 kali seminggu, lebih tidak mudah terkena stroke dibanding dengan orang yang jarang berolahraga.

Nah, itu tadi beberapa manfaat naik turun tangga yang bisa menyehatkan tubuh. Sedikit lelah bukan masalah, hal yang terpenting tubuhmu menjadi lebih sehat. Yuk dicoba mulai dari sekarang!

Manfaat Naik Turun Tangga (via Hermina Hospitals)