4 Tips Membuat Perempuan Berdaya di Tempat Kerja, Catat Ya!

Diskriminasi terhadap perempuan di tempat kerja memang menjadi masalah yang rumit. Simak tips berikut ini untuk mencegah hal tersebut.

Walaupun masyarakat dunia sudah mulai mengakui kesetaraan gender, namun diskriminasi terhadap perempuan masih terus terjadi. Pendidikan, dunia kerja, rumah tangga, dan banyak aspek lain banyak yang menilai perempuan dengan sebelah mata.

Di antara sekian banyak aspek, salah satu yang cukup miris adalah dunia kerja. Banyak kesempatan yang terpaksa direlakan karena perempuan dianggap tidak lebih kompeten dibanding pria.

Bahkan di lingkungan kerja pun perempuan banyak digunjingkan atau disudutkan oleh berbagai pihak, termasuk oleh sesama perempuan sendiri. Bagaimana agar hal ini tidak terjadi? Simak tips berikut ini!

1. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Seorang perempuan seringkali mengkritik perempuan lain apabila merasa lebih buruk dari diri sendiri, padahal hal tersebut malah akan membuat kita semakin rendah diri.

Oleh karena itu jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan perempuan lain, dengan begitu maka kita akan bisa lebih mendukung kesejahteraan serta pola pikir diri kita sendiri.

2. Saling Berhubungan

Perempuan di Tempat Kerja (via CNN)

Kunci dari memberdayakan perempuan di tempat kerja adalah ketika perempuan mendukung sesama perempuan. Apapun bentukannya. Karena ketika perempuan saling berhubungan kemudian membentuk satu kesatuan, maka akan mendukung satu sama lain. Sehingga ketika di tempat kerja, posisi perempuan akan menjadi kuat.

3. Merekomendasikan untuk Berbagai Kesempatan

Perempuan di Tempat Kerja (via Bincang Muslimah)

Setiap perempuan ketika akan mencari pekerjaan atau mencari posisi yang dia inginkan, mereka selalu akan mencari informasi ke sesama perempuan. Karena akan lebih mudah mencari informasi kepada sesama perempuan apabila tentang pekerjaan.

4. Saling Mendukung

Perempuan di Tempat Kerja (via Bincang Syariah)

Untuk mendukung keberhasilan pemberdayaan perempuan di tempat kerja, usahakan kamu selalu mendukung perempuan lain ketika mereka akan melakukan sesuatu jika menginginkan kesetaraan upah dan lain-lainnya.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memberdayakan perempuan di dunia kerja. Jadi, stop menjegal langkah orang lain untuk maju karena setiap perempuan juga punya potensi yang bisa mendukung perkembangan sebuah usaha.

Perempuan di Tempat Kerja (via Berkarir)