Biar Enggak Kelihatan Tua, Begini Lho 4 Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Remaja

Mencegah penuaan dini pada remaja tergolong mudah karena di usia ini kulit masih mampu memproduksi kolagen dalam jumlah banyak.

Pernah enggak sih kamu melihat seorang remaja yang usianya masih belasan tahun namun sudah memiliki tanda-tanda penuaan dini seperti keriput atau flek hitam? Lantas, bagaimana ya cara mencegah penuaan dini pada remaja?

Ketika masih remaja, sebenarnya kulit masih mampu memproduksi kolagen dalam jumlah banyak, sehingga kulit para remaja terlihat kencang dan sehat. Karena itu, para remaja tidak perlu terlalu banyak menggunakan produk skincare anti aging.

Nah, dari pada memusingkan penggunaan skincare pada remaja sebaiknya cari tahu yuk bagaimana cara mencegah penuaan dini pada remaja. Cek penjelasannya berikut ini ya.

1. Mencukupi Kebutuhan Air Mineral

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan air mineral setiap hari. Setidaknya minum 2 liter air mineral untuk memperlambat penuaan dini dan membuat wajah tampak lebih muda.

Mencegah Penuaan Dini Pada Remaja (via KlikDokter)

2. Gunakan Sunscreen

Cara kedua adalah dengan menggunakan sunscreen sedini mungkin. Sinar UV bisa menjadi faktor kerusakan kulit yang menyebabkan penuaan dini. Jadi, jangan malas pakai sunscreen ya kalau tidak ingin kulitmu belang, kering, dan kusam.

Mencegah Penuaan Dini Pada Remaja (via BukaReview)

3. Bersihkan Wajah Perlahan

Selanjutnya biasakan membersihkan wajah perlahan dengan produk pembersih wajah berbahan lembut untuk mencegah penuaan dini. Hindari menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung scrub ya.

Mencegah Penuaan Dini Pada Remaja (via Cantik Tempo)

4. Jangan Terlalu Sering Mengernyitkan Dahi

Mengernyitkan dahi terlalu sering ternyata bisa menimbulkan dari halus pada wajah. Karena saat dahimu berkernyit, maka otot-otot wajah akan berkontraksi, dan jika kontraksi otot yang sama ini terjadi berulang kali dalam jangka waktu yang panjang, garis-garis halus yang muncul bisa menjadi permanen.

Nah, sekarng sudah tahu kan bagaimana cara mencegah penuaan dini pada remaja. Lakukan mulai dari sekarang agar wajah tetap awet muda dan bebas kerutan atau flek hitam.

Mencegah Penuaan Dini Pada Remaja (via IDN Times)