3 Efek Samping Sering Memakai Kutek, Sudah Tahu Belum?

Tahu nggak sih kalau ternyata ada efek samping memakai kutek yang jarang diketahui? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Bagi sebagian perempuan, mewarnai kuku tangan dan kaki adalah hal yang menyenangkan. Tidak hanya karena bisa membuat kuku menjadi lebih cantik, tapi juga membuatnya menjadi lebih percaya diri.

Tapi tahu nggak sih kalau ternyata ada efek samping memakai kutek yang jarang diketahui? Bagi kamu yang selama ini suka banget mewarnai kuku, berikut ini beberapa efek sampingnya seperti dikutip dari laman Klik Dokter.

1. Dermatitis Kontak

Saat proses mengecat kuku, maka bagian lain seperti tangan dan jari, tentu juga ikut terpapar segala macam iritan, yakni lem kuku, cat kuku, dan kuku akrilik. Jika kamu alergi terhadap benda-benda tersebut, bisa jadi kamu akan mengalami dermatitis kontak. Seperti ruam merah, gatal, lecet, atau bengkak di ujung jari atau tangan. Pada kondisi yang lebih parah, alergi pada iritan dapat menyebabkan sesak napas.

Efek Samping Sering Memakai Kutek (via Tribunnews)

2. Kuku Menjadi Rapuh dan Kusam

Memakai kuku akrilik dan nail gel memang dapat mempercantik kuku, tapi ternyata hal tersebut dapat membuat kuku rapuh dan kusam. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya hindari penggunaan kutek lebih dari dua minggu. Selain itu, pastikan untuk selalu memakai nail polish remover yang aman.

Setelah menghapus kutek, sebaiknya jangan langsung memakai kutek lagi. Tapi istirahatkan terlebih kuku selama 1-2 minggu. Dan jangan lupa memberikan vitamin kuku agar senantiasa sehat.

Efek Samping Sering Memakai Kutek (via CNN Indonesia)

3. Kanker Kulit

Mungkin kamu tidak menyangka kalau kutek bisa menyebabkan kanker kulit. Namun hal ini bisa saja terjadi, sebab agar menempel dengan baik, kutek gel membutuhkan sinar UV.  Dan paparan sinar UV secara terus-menerus dapat memicu timbulnya kanker kulit. Menurut sejumlah penelitian, semakin sering seseorang terpapar sinar UV, maka semakin meningkat pula risiko terserang kanker kulit.

Nah, itu tadi beberapa efek samping memakai kutek yang wajib dipahami. Jadi harus lebih berhati-hati ya! Jangan sampai usaha untuk mempercantik diri malah berakhir dengan munculnya penyakit kronis.

Efek Samping Sering Memakai Kutek (via Halodoc)