Dompet Aman Pikiran Tenang, Ini 4 Cara Menghilangkan Stres Tanpa Biaya

Enggak harus pergi ke tempat mewah dan estetik kok. Cukup lakukan beberapa cara ini agar stres lenyap seketika. Apa saja?

Semua orang bisa mengalami stres, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Nah, kalau sudah begini tentu kamu harus pintar-pintar memilih cara menghilangkan stres tanpa biaya biar enggak menambah bebar pikiran. Enggak harus pergi ke tempat mewah dan estetik kok. Cukup lakukan beberapa cara ini agar stres lenyap seketika.

1. Tidur

Siapa yang menyangka kalau tidur nyatanya bisa membantu kamu buat usir stres. Suasana hati tak karuan, banyak pikiran akan membaik setelah kamu tidur. Tidur bisa membuat badan dan pikiran kamu kembali segar kemudian. Karena terkadang penyebab stres itu sendiri adalah kurangnya istirahat.

Cara Menghilangkan Stres (via HaloDoc)

2. Menulis

Menulis memang selalu ampuh menumpahkan perasaan. Jadi siapkan buku catatan lengkap dengan alat tulisnya. Lalu tuliskan semua yang kamu rasakan pada catatan tersebut, tidak peduli seberapa panjangnya.

Tapi jangan lupa juga untuk menuliskan hal-hal yang patut kamu syukuri. Setelah selesai, baca lagi semuanya. Jadi kamu bisa membandingkan, bahwa kamu masih beruntung karena masih ada hal yang bisa kamu syukuri.

Cara Menghilangkan Stres (via Alodokter)

3. Mandi

Mandi di bawah shower memang ampuh banget menghilangkan stres. Rasanya seperti stres yang hampir memecahkan kepala luruh bersama air dari pancuran. Lagipula, wangi sabun dan shampo setelah mandi juga akan memberikan efek menenangkan.

Cara Menghilangkan Stres (via Detik)

4. Mencium Bau Kopi

Kamu punya masalah pencernaan dan enggak bisa minum kopi? Kalau begitu, cukup cium baunya saja. Melansir WebMD, aroma kopi bisa memberikan dampak positif pada gen-gen dan protein-protein dalam otak. Nah, kadar protein yang berubah ini bisa memberikan efek menenangkan.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghilang stres tanpa biaya yang berlebih. Jadi healing enggak perlu jauh-jauh dan menguras kantong. Cukup lakukan hal-hal sederhana tadi, dan stres kamu akan teratasi.

Cara Menghilangkan Stres (via Times Indonesia)