4 Aturan di Thailand untuk Turis Asing, Sudah Tahu Belum?

Ada sejumlah aturan di Thailand untuk turis asing yang bertandang ke negara tersebut. Apa saja, yuk simak!

Liburan ke luar negeri, tentu kamu harus paham betul apa saja aturan di negara tersebut agar selama liburan kamu tidak melanggarnya. Seperti di Negeri Gajah Putih, ada sejumlah aturan di Thailand untuk turis asing yang bertandang ke negara tersebut.

Tentu saja aturan tersebut dibuat agar turis asing yang datang ke sana, tidak bersikap sembarangan dan seenaknya sendiri. Lantas, apa saja sih aturan yang wajib dipatuhi turis asing selama berada di Thailand?

1. Dilarang Membuang Permen Karet Bekas Sembarangan

Sebenarnya tidak ada larangan mengunyah permen karet di Thailand. Hanya saja sebaiknya kamu jangan membuang permen karet bekas secara sembarangan ya. Sebab jika kamu ketahuan membuang sisa permen karet sembarangan, kamu bisa kena denda hampir 400 Euro atau sekitar Rp6 jutaan lho!

Namun bukan hanya di Thailand, membuang sisa kunyahan permen karet sembarangan memang bisa mengganggu kenyamanan publik. Bayangkan saja jika kamu menginjak atau memegang sisa permen karet orang lain di tempat umum. Pasti menyebalkan bukan?

2. Dilarang Menyentuh Biksu

Aturan di Thailand (via Kompas)

Di Thailand, biksu merupakan sosok orang yang paling dihormati. Karena itu, kamu tidak boleh memposisikan diri lebih tinggi dari seorang biksu, terlebih jika kamu berjenis kelamin perempuan dan ingin menyentuhnya. Tentu saja hal tersebut sangat dilarang. Mengingat biksu tidak diizinkan untuk menyentuh perempuan, maka hormatilah aturan tersebut daripada kamu mendapat masalah di negeri orang.

3. Dilarang Menginjak Mata Uang Thailand

Aturan di Thailand (via Pikiran Rakyat)

Aturan selanjutnya yang harus dipatuhi para turis asing adalah dilarang menginjak mata uang Thailand. Hal ini dikarenakan, dalam uang Thailand, baik yang berbentuk kertas atau koin, terdapat gambar Raja Thailand. Karena itu, menginjak uang Thailad maka sama saja dengan berbuat tindak kejahatan. Wah harus benar-benar diperhatikan nih!

4. Dilarang Menyentuh Kepala

Aturan di Thailand (via Moneynesia)

Aturan terakhir yang harus dipatuhi para turis adalah aturan larangan menyentuh kepala. Sebab, di Thailand kepala dianggap sebagau anggota tubuh yang paling suci dan bersih. Jika kamu menyentuh kepala orang lain, maka hal tersebut seperti tidak menghormati orang tersebut. Maka dari itu tidak diperbolehkan.

Nah, itu tadi beberapa aturan di Thailand untuk turis asing yang harus dipatuhi. Meski terlihat sepele, namun aturan tetap saja aturan yang nggak boleh dilanggar. Jadi, agar kamu bisa menikmati keindahan Negeri Gajah Putih dengan leluasa dan tanpa masalah, sebaiknya jangan sampai melanggar norma dan aturan ya!

Aturan di Thailand (via Dafunda)