5 Tanda Insecure yang Perlu Diwaspadai, Harus Segera Diatasi Lho!

Tanda insecure pada diri seseorang bisa berbeda-beda, namun tetap saja perlu diwaspadai. Simak ulasan berikut ini!

Tanda insecure pada diri seseorang bisa berbeda-beda karena setiap individu memang memiliki kondisi berbeda, tergantung pada bakat lahir dan lingkungan. Pada beberapa orang yang merasa insecure, tanda-tanda tersebut bahkan bisa disembunyikan dengan baik hingga terlihat baik-baik saja.

Namun sebenarnya, jika dilihat lebih dalam, kamu akan dapat melihat apakah seseorang itu insecure atau tidak melalui beberapa tanda umum yang dijumpai hampir pada semua penderitanya. Apa saja? Simak ulasan berikut ini:

1. Merasa Rendah Diri

Tanda insecure yang pertama adalah merasa rendah diri. Orang yang merasa rendah diri sering merasa dirinya tidak mempunyai kemampuan yang berarti berarti dibanding orang lain. Seorang yang merasa rendah diri juga sering berpikir buruk tentang diri sendiri. Jika dibiarkan terus-menerus, hal itu dapat menimbulkan masalah kesehatan mental dikemudian hari.

2. Selalu Berupaya Membuat Orang Lain Merasa Insecure

Tanda Insecure (via Kompas)

Tanda seseorang merasa insecure berikutnya adalah tidak ingin dirinya merasakannya seorang diri. Orang insecure cenderung akan menarik orang lain untuk ikut merasa insecure. Hal ini dikarenakan dia ingin ungul dibanding orang lain, yaitu dengan cara membuat orang lain ‘merasa kecil’ seperti dirinya.

3. Mengisolasi Diri

Tanda Insecure (via NBC News)

Tanda insecure berikutnya adalah menarik diri dari pergaulan. Memiliki perasaan insecure akan membuat seseorang tidak percaya diri untuk bergaul dengan orang lain. Karena itu, seseorang yang memiliki rasa insecure cenderung menghindari interaksi sosial dan mengasingkan diri.

4.  Kinerja Buruk

Tanda Insecure (via Klikdokter)

Tanda insecure pada seseorang juga bisa dilihat dari kinerjanya. Seseorang yang merasa insecure, biasanya bukan hanya pada dirinya tapi juga pada kehidupan dan pekerjaannya. Merasa insecure dalam pekerjaan dapat membuat kinerja seseorang buruk, karena apa yang dikerjakan akan tidak maksimal. Selain itu, karena cenderung menarik diri, maka hubungan kerja dengan rekan kerja juga menjadi tidak baik. Hal ini tentu akan berimbas pada hasil kerja yang buruk.

5. Kecemasan dan Depresi

Tanda Insecure (via Kampus Psikologi)

Tanda lain seorang insecure adalah mengalami kecemasan hingga depresi. Hal ini terjadi karena semua jenis insecure dapat menyebabkan masalah pada kesehatan mental seperti kecemasan hingga depresi. Seorang yang insecure akan merasa dirinya penuh tekanan akah sesuatu yang tidak bisa dia lakukan yang kemudian menjadi rasa tidak aman.

Itulah tanda insecure pada diri seseorang yang perlu diperhatikan. Jika menemukan tanda-tanda tersebut pada orang terdekat, segera ajak bicara dan beri bantuan apabila diperlukan. Mengatasi sejak dini akan lebih mudah sebelum berimbas pada kondisi yang lebih parah.

Tanda Insecure (via Detik)