Kesalahan Parenting yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak

Kesalahan parenting yang dilakukan orang tua bisa berakibat buruk bagi psikologis anak sehingga perlu dihindari. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Kesalahan parenting yang dilakukan orang tua bisa berakibat buruk bagi psikologis anak. Hal ini biasanya didasari oleh kurangnya ilmu parenting yang dimiliki orang tua, sehingga orang tua meneruskan gaya parenting yang salah dari generasi sebelumnya. Karena itu, penting untuk mengetahui apa saja kesalahan parenting yang harus dihindari seperti dijelaskan dalam informasi berikut ini:

1. Memanjakan Secara Berlebihan

Memanjakan anak secara berlebihan merupakan salah satu kesalahan parenting yang harus dihindari. Anak yang terlalu dimanjakan tidak akan memiliki mental tangguh. Anak akan cenderung bersikap semaunya sendiri karena selalu mendapatkan apa yang diinginkan tanpa usaha.

Jika terus berlanjut, anak akan kehilangan sikap disiplin dan juga empati. Anak seharusnya diajarkan untuk mendapatkan sesuatu dengan usaha sehingga anak akan paham untuk memiliki sesuatu mereka harus mau berusaha dan berjuang.

2. Meremehkan Anak dan Tidak Memercayainya

Kesalahan Parenting yang Harus Dihindari (via Popmama)

Menurut Guarnotta, orangtua yang merendahkan persoalan yang dihadapi anak, berpotensi mengabaikan emosinya serta mengajarkan mereka untuk menghindari konflik. Karena itu, Anak-anak perlu tahu bahwa mengekspresikan dan membicarakan emosi mereka itu sehat. Jangan abaikan dan remehkan hal-hal kecil yang dirasakan anak.

Misalnya saja saat anak merasa takut melihat hewan tertentu. Orang tua bisa mengajaknya bicara mengenai apa yang anak-anak takutkan. Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak supaya berani mengungkapkan perasaan dan rasa khawatir sambil mencari solusinya.

3. Mempermalukan Anak

Kesalahan Parenting yang Harus Dihindari (via Kumparan)

Dalam perkembangannya, anak-anak akan dihadapkan pada berbagai tantangan baru sehingga mereka akan sering membuat kesalahan. Anak-anak yang masih berusaha memahami segala sesuatu, sebaiknya terus didampingi saat mereka berhasil ataupun gagal.

Sebaliknya, keliru jika orang tua yang mempermalukan anak saat anak salah dan gagal. Jika anak terus dipermalukan, anak akan mengalami masalah emosi di kemudian hari seperti merasa rendah diri. Selain itu, anak juga akan malas untuk mencoba melakukan sesuatu karena takut akan berakhir gagal dan dipermalukan.

4. Terlalu Mengkritik dan Sering Membandingkan

Kesalahan Parenting yang Harus Dihindari (via Klik Dokter)

Kesalahan parenting yang harus dihindari berikutnya adalah sering membanding-bandingkan. Biasanya hal ini terjadi jika orang tua memiliki beberapa anak. Seringnya, saat gagal melakukan sesuatu, anak akan dibandingkan dengan kakak atau adiknya yang mampu melakukannya.

Tak jarang juga yang mengkritik anak atas ide dan gagasan yang diungkapkannya. Jika hal ini terus orang tua lakukan, anak akan semakin menjauh dari orang tua dan menjadi susah diatur.

4 kesalahan parenting di atas perlu dihindari untuk mencegah dampak buruk yang akan muncul nantinya. Sebagai orang tua, jangan lupa terus belajar dan menambah ilmu parenting agar dapat membersamai tumbuh kembang anak dengan baik.

 

Kesalahan Parenting yang Harus Dihindari (via The Asian Parent)