Busui Wajib Tahu, Makanan Pelancar ASI yang Tinggi Nutrisi

ASI merupakan makanan penting bagi bayi, oleh karena itu setiap ibu menyusui wajib tahu apa saja makanan pelancar ASI yang tinggi nutrisi.

ASI merupakan asupan makanan yang penting bagi buah hati. Namun, tidak semua ibu menyusui bisa memberikan ASI yang cukup. Nah, jangan khawatir, karena ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperbanyak dan melancarkan produksi ASI, lho. Kira-kira apa saja makanan pelancar ASI? Berikut informasinya:

1. Kacang Hijau

Bahan makanan ini adalah yang paling recommended untuk ibu menyusui. Beragam nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau, seperti asam folat, vitamin B1, kalsium, kalium, dan fosfor dapat bermanfaat untuk memperbanyak produksi ASI.

2. Susu Rendah Lemak

Makanan Pelancar ASI (via detikFood)

Susu adalah sumber kalsium yang cukup tinggi kandungannya. Kalsium termasuk nutrisi yang sangat penting untuk memproduksi ASI dengan lancar. Produk susu dalam bentuk yoghurt dan juga keju juga bisa jadi pilihan yang bisa dikonsumsi.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Makanan Pelancar ASI (via Orami)

Makanan yang memperlancar ASI ampuh adalah sayuran berdaun hijau. Kamu bisa mengonsumsi bayam, selada, sawi, kangkung, hingga brokoli. Sayuran berdaun hijau mengandung fitoestrogen yang dapat memperbanyak ASI.

4. Daun Katuk

Makanan Pelancar ASI (via Haibunda)

Daun katuk terkenal mampu membantu lancarnya ASI bagi ibu menyusui karena mengandung laktagogum dan prolaktin yang tinggi. Kedua adalah senyawa yang ampuh memicu produksi ASI lebih banyak dan memperlancar keluarnya ASI. Selain itu, daun katuk juga dapat membantu kebutuhan mineral bagi ibu menyusui dan meningkatkan daya tahan tubuh bagi ibu.

5. Pepaya

Makanan Pelancar ASI (via BukaReview)

Pepaya mengandung vitamin C, vitamin A, kalium dan asam folat yang tinggi. Pepaya juga rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium. Bahkan di dalam pepaya terkandung 33% vitamin dan 50% kalium lebih banyak dibanding jeruk. Kandungan vitamin dalam pepaya tersebut bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalium ibu pada masa menyusui.

6. Daun Kelor

Makanan Pelancar ASI (via ITS TIME)

Daun kelor terbukti mengandung berbagai zat gizi, seperti protein, kalsium dan zat besi yang cukup tinggi. Daun kelor juga kaya akan senyawa alami antioksidan, seperti: betakaroten, vitamin C, kalsium, potasium, Dengan kandungan nutrisi tersebut, daun kelor dapat meningkatkan produksi ASI dan mecegah anemia bagi ibu menyusui.

Itulah makanan pelancar ASI yang direkomendasikan untuk ibu menyusui. Konsumsi makanan sehat yang beragam agar buah hati juga mendapatkan manfaatnya.

Makanan Pelancar ASI (via Kompas Health)