6 Jenis Tisane yang Bermanfaat Untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Selain menggunakan kosmetik untuk merawat wajah, kamu juga bisa mengonsumsi tisane untuk perawatan kecantikan secara rutin.

Menjaga kecantikan kulit bisa dilakukan dari dalam dan luar tubuh. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur, dan perawatan kecantikan yang tepat, kamu juga bisa merawat kulitmu dengan mengonsumsi tisane untuk perawatan kecantikan secara rutin.

Beberapa jenis bunga yang diseduh atau biasa disebut tisane, dipercaya mampu memberi manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis tisane yang memiliki banyak khasiat untuk perawatan kecantikan jika dikonsumsi secara teratur.

1. Rosehip 

Rosehip adalah bagian buah dari bunga mawar yang sangat kaya akan vitamin C, vitamin E, dan vitamin A, karena itu rosehip juga dapat mencegah produksi pigmen melanin dan membantu pembuatan kolagens, sehingga bermanfaat mencegah bintik hitam dan melembapkan kulit.

2. Bunga Telang

Tisane untuk Perawatan Kecantikan (via Depositphotos)

Bunga telang adalah jenis tisane dengan warna biru terang yang sudah banyak ditanam di Indonesia. Tisane ini berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, bunga telang juga memiliki kandungan anti inflamasi yang cocok untuk mengatasi peradangan pada kulit.

3. Rosella

Tisane untuk Perawatan Kecantikan (via Hello Sehat)

Kelopak bunga rosella mengandung vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Rutin mengonsumsi seduhan rosella bisa membantu menjaga kulitmu awet muda.

4. Chamomile

Tisane untuk Perawatan Kecantikan (via Alodokter)

Chamomile mengandung azulene, bahan yang memiliki efek mendinginkan kulit dan mengurangi peradangan serta pembengkakan pada kulit. Kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan anti bakteri dalam seduhan chamomile juga bisa dimanfaatkan untuk melawan jerawat.

Selain diminum, chamomile juga bisa dimanfaatkan sebagai toner alami. Kamu bisa memanfaatkan tisane ini sebagai facial spray. Caranya mudah, masukkan chamomile yang sudah diseduh ke dalam botol spray steril, lalu semprotkan ke area wajah.

5. Peppermint

Tisane untuk Perawatan Kecantikan (via Kompas TV)

Peppermint sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif karena mengandung bahan pendingin alami yang bisa membantu meredakan ruam dan kemerahan karena alergi.

6. Chrysanthemum

Tisane untuk Perawatan Kecantikan (via Shopee Indonesia)

Chrysanthemum atau krisan memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Chrysanthemum memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti flavonoid, polifenol, zeaxanthine, serta lutein.

Teh bunga ini akan menjadikan jerawat lebih cepat sembuh dan membantu mengatasi wajah sembap. Jika rutin dikonsumsi, akan membuat kulit awet muda dan bebas kantung mata.

Itulah beberapa jenis tisane untuk perawatan kecantikan yang ternyata banyak manfaatnya untuk kulit. Walaupun terkenal memiliki banyak manfaat bagi kulit, kamu tetap harus memilih tisane yang cocok untuk kebutuhan kulitmu. Konsumsi secara rutin dan lihat bagaimana kulitmu terjaga dari dalam.

Tisane untuk Perawatan Kecantikan (via Dragon Tea House)