Inilah 5 Kota Tertua di Indonesia, Ada yang sampai 1000 Tahun!

Apakah kamu tahu bahwa ada kota-kota di Indonesia yang usianya lebih jauh lebih tua dari usia Negara Indonesia? Yuk simak ulasannya!

Apakah kamu tahu bahwa ada kota-kota di Indonesia yang usianya lebih jauh lebih tua dari usia Negara Indonesia? Di saat Indonesia merayakan ulang tahun yang ke-77 tahun di 2022, ternyata ada kota-kota di Indonesia yang bahkan sudah berusia lebih dari 1000 tahun! Penasaran kota mana saja yang memiliki sejarah panjang hingga ribuan tahun? Simak informasinya berikut ini! 

1. Palembang

Palembang adalah kota tertua yang berusia lebih dari 1000 tahun, tepatnya 1.339. Sejarah mencatat usia Kota Palembang dalam prasasti Sriwijaya atau Prasasti Kedukan Bukit yang bertanggal 16 Juni 683 Masehi. Terletak di Provinsi Sumatra Selatan, Palembang memiliki luas wilayah sebesar 400,61 km2.

2. Salatiga

Kota Tertua di Indonesia (via Palembang)

Salatiga adalah kota yang berada di Provinsi jawa Tengah. Asal-usul kota Salatiga tercatat dalam prasasti Plumpungan dan dibakukan pada 24 Juli 750 Masehi, sehingga usia Kota Salatiga kini mencapai 1.272 tahun. Ini menjadikan Salatiga menjadi salah satu kota tertua di Indonesia.

3. Kediri

Kota Tertua di Indonesia (via Liputan6)

Kota Kediri diketahui sudah ada sejak 27 Juli 879 Masehi. Jejak sejarah kota yang ada di Jawa Timur ini ditemukan pada Prasasti Kwak. Prasasti tersebut ditemukan pada tahun 1892. Kediri yang memiliki luas daerah 63,4 km2 ini terkenal dengan dengan tahu takwanya yang wajib dijadikan oleh-oleh jika berkunjung kesini.

4. Magelang

Kota Tertua di Indonesia (via Kompas)

Kota Magelang berada di Provinsi Jawa Tengah. Menurut Prasasti Mantyasih, Magelang berdiri pada 11 April 907 M, pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Penamaan Kota Magelang sendiri berasal dari kisah datangnya orang Keling (Kalingga) ke Jawa yang mengenakan hiasan gelang di hidungnya.

Kata gelang mendapat awalan “ma” yang menyatakan kata kerja memakai atau menggunakan, maka berarti “memakai gelang”. Jadi Magelang berarti daerah yang didatangi orang-orang yang menggunakan atau memakai gelang.

5. Banda Aceh

Kota Tertua di Indonesia (via Visit Magelang)

Kota tertua di Indonesia selanjutnya yaitu Banda Aceh. Kota ini dibangun oleh Sultan Johan Syah pada 1 Ramadhan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi. Ini menjadikan Banda Aceh menjadi kota Islam tertua di Asia Tenggara.

Ternyata ada banyak fakta unik yang tersimpan di Tanah Air kita ya! Setelah mengetahui kota-kota tertua di Indonesia, apakah kamu ingin berkunjung untuk berwisata sekaligus mempelajari sejarahnya?

Kota Tertua di Indonesia (via Detik)