6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkunjung ke Korea Selatan

Agar perjalananmu nyaman dan tidak terkendala, yuk ketahui hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat berkunjung ke Korea Selatan!

Bagi kalian penonton setia drama korea selatan dan penikmat lagu-lagu K-pop, pastinya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Korea Selatan. Namun sebelum berkunjung, agar perjalananmu nyaman, pastikan untuk mengetahui peraturan setempat. Lalu apa saja yang tidak boleh dilakukan saat berkunjung ke Korea Selatan?

1. Mendahului yang Lebih Tua saat Makan Bersama

Berbeda dengan tradisi di Indonesia, di Korea Selatan kamu tidak diperkenankan untuk makan terlebih dahulu dari orang yang lebih tua. Saat makan dengan orang yang lebih tua atau memiliki jabatan yang lebih tinggi, kamu harus menunggu mereka menyuap terlebih dahulu. Karena kalau kamu menyuap duluan, kamu akan dianggap gak sopan.

2. Berbicara Keras di Transportasi Umum

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Korea Selatan (via Buka Review)

Jika kalian berada di tempat umum ataupun transportasi umum usahakan saat berbicara dengan volume yang rendah atau dengan bisikan saja karena dikhawatirkan akan mengganggu orang lain.

3. Menyisakan Makanan

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Korea Selatan (via Travel Vui)

Warga Korea Selatan memiliki kenangan tentang sulitnya mendapatkan makanan saat mereka perang di masa lalu. Hal ini yang menyebabkan warga Korea Selatan tidak menyisakan makanan. Jika kamu menyisakan makanan saat makan di kafe atau restoran, mereka tak akan segan menegurmu.

4. Memotong Antrean

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Korea Selatan (via Liputan6)

Warga Korea Selatan menerapkan kedisiplinan sampai ke masalah antrian. Karena itu, saat mengunjungi Korea Selatan, jangan sekali-kali memotong antrian jika tidak ingin ditegur.

5. Memegang Bawah Mangkuk saat Makan

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Korea Selatan (via IDN Times)

Kebanyakan orang Korea Selatan menyediakan sup yang disajikan dengan nasi dalam mangkuk sebagai hidangan utama. Saat mengangkat mangkuk, jangan dengan cara memegang bagian bawah mangkuk. Jika kamu melakukannya, kamu akan dianggap tidak sopan.

6. Memberi Uang Tip di Restoran

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Korea Selatan (via BP Guide)

Di Korea Selatan, memberi tip dianggap sebagai penghinaan bagi pelayan restoran, karena memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi kewajiban agar para pelanggan senang. Berbeda dengan di Indonesia ya?

Itulah 6 hal yang tidak boleh dilakukan ketika berkunjung ke Korea Selatan. Pahamilah beberapa hal tersebut sebelum berkunjung supaya tidak dianggap orang yang tidak memiliki sopan santun.

 

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Korea Selatan (via Liputan6)