4 Alasan Gorengan Tidak Baik untuk Buka Puasa, Mending Ganti Takjil Deh!

Tahukah kamu bahwa ada beberapa alasan gorengan tidak baik untuk buka puasa? Daripada berdampak makin buruk, yuk simak penjelasan berikut ini!

Gorengan merupakan takjil yang umum dikonsumsi di masyarakat. Namun ternyata, gorengan tidak baik untuk buka puasa. Terdapat beragam alasan mengapa sebaiknya tidak mengonsumsi gorengan saat berbuka, mulai dari akan membuat lemas dan mengantuk, dapat meningkatkan kolesterol dalam darah, dan sebagainya. Ingin tahu penjelasan lengkapnya? Berikut informasinya:

1. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Alasan gorengan tidak baik untuk buka puasa yang pertama adalah karena kandungan lemak dalam minyak pada gorengan cenderung sulit dicerna. Hal ini kurang baik karena membuat tubuh lebih lama mencerna makanan sehingga bisa mengganggu tubuh mencerna zat gizi lain.

Padahal, makanan yang kamu konsumsi saat berbuka itu penting untuk segera mengembalikan energi yang diperlukan tubuh. Nah, dampak dari terganggunya pencernaan bisa mengakibatkan asam lambung naik, perut kembung atau tidak nyaman, sampai sakit perut.

2. Lemas atau Mengantuk

Alasan Gorengan Tidak Baik untuk Buka Puasa (via Alodokter)

Alasan selanjutnya adalah, karena gorengan sulit dicerna, maka pencernaan tiba-tiba dipaksa bekerja keras setelah seharian tidak mencerna makanan. Selain itu, mengonsumsi gorengan juga dapat membuatmu lemas dan mengantuk setelah berbuka puasa. Tentunya kamu tidak ingin melewatkan salat tarawih karena mengantuk akibat berbuka dengan gorengan yang berlebih, kan?

3. Meningkatkan Kolesterol Darah

Alasan Gorengan Tidak Baik untuk Buka Puasa (via VOI)

Gorengan mengandung lemak jenuh tinggi karena proses pembuatannya dimasak dengan minyak panas. Menurut Ahli gizi, tingginya konsentrasi lemak jenuh ini dalam tubuh bisa membuat kadar kolesterol darah melonjak. Jadi, semakin banyak kamu mengonsumsi gorengan, maka semakin banyak kadar lemak jahat dalam tubuh.

4. Tinggi Kalori

Alasan Gorengan Tidak Baik untuk Buka Puasa (via CNN)

Kalori lebih tinggi ada di makanan yang digoreng daripada tidak digoreng. Karena itu, mengonsumsi gorengan saat buka puasa berlebihan dapat meningkatkan asupan kalori secara signifikan. Kebiasaan makan gorengan setiap hari juga dapat menyebabkan obesitas.

Itulah 4 alasan gorengan tidak baik untuk buka puasa. Saat berbuka, sebaiknya konsumsi kurma lalu disusul dengan makanan sehat lainnya, misalnya sayur dan telur rebus. Pastikan makanan yang dikonsumsi tidak mengganggu kesehatan dan kelancaran ibadahmu, ya!

Alasan Gorengan Tidak Baik untuk Buka Puasa (via Jabar)