Dior menghadapi reaksi keras tak lama setelah merilis iklan terbarunya. Pada 12 April, foto iklan Dior yang baru dirilis langsung tersebar di media sosial China dan jadi perbincangan. Dalam foto tersebut memperlihatkan seorang model menarik kelopak matanya dengan jari.
Gerakan seperti menyipitkan mata ini umumnya ditafsirkan sebagai tindakan diskriminatif rasial di mana orang Barat menghina orang Asia. Seorang pria pernah melakukan gerakan yang sama kepada pesepakbola Korea Selatan, Son Heung Min dalam sebuah pertandingan.
Akibat perbuatannya, pria itu dilarang menonton pertandingan secara langsung di stadion selama tiga tahun. Sontak saja, netizen langsung membanjiri kolom komentar postingan terbaru Dior. Mereka mengecam tindakan diskriminasi yang dilakukan brand mewah asal Prancis itu.
"Dior telah mengabaikan orang Asia lagi," ujar seorang netizen China. "Dior sedang menguji batas kesabaran saya," sambung netizen lain. "Saya tidak akan membeli Dior lagi seumur hidup saya," tegas netizen lainnya.
Media dan netizen Tiongkok pun kembali membahas tentang diskrimasi rasial yang juga diduga pernah dilakukan Dior di tahun 2021. Saat itu, Dior menunjukkan potret seorang model wanita Asia Timur dengan kostum tradisional Dinasti Qing sambil memegang tas Dior.
Yang memicu kemarahan, foto yang dipajang Dior dalam pameran di West Bund Art Center tersebut menampilkan wanita dengan dandanan yang dinilai 'tidak cantik'. Sontak saja, foto itu dinilai mencoreng imej wanita Asia.
Iklan Baru Dior Yang Dianggap Diskriminasi Rasial (KBIZoom)
Tak hanya oleh netizen, foto itu juga mendapat kritikan dari sejumlah media, termasuk koran pemerintah Tiongkok yakni Beijing Daily. Dikutip dari SCMP, koran itu menyoroti masalah tersebut dengan judul 'Apakah Ini Wajah Wanita Asia di Mata Dior?'.
Selain itu, 'Mereka mendistorsi citra orang Asia dengan perspektif Barat yang sempit.' Sementara itu, The Chinese Women's Daily berkata, "Estetika untuk pemotretan itu terlalu berlebihan dan tampaknya bermaksud untuk menghina wanita Tionghoa dan mendistorsi budaya."
Saat kontroversi berkembang, Dior pun segera menghapus foto wanita itu dari pameran. Pihak Dior pun berkata, "Ini bukan foto iklan perusahaan, tetapi karya seorang seniman. Dan kami tulus terhadap konsumen China". Meski begitu, sampai saat ini Dior belum memberikan penjelasan lebih lanjut tentang foto iklan terbarunya yang menuai kecaman tersebut.
Foto-foto Dior Yang Jadi Kontroversi (Berbagai Sumber)