Jangan Sampai Salah! Begini Lho Tips Memilih Kurma yang Bagus dan Manis

Tahukah kamu bahwa ada tips memilih kurma yang bagus, manis, dan tentunya berkualitas? Yuk simak ulasannya!

Saat Ramadan, kurma adalah salah satu buah yang paling banyak ditemukan. Tapi jangan sampai salah pilih ya, karena ada tips memlih kurma yang bagus, manis, dan tentunya berkualitas.

Seperti yang diketahui kurma merupakan salah satu menu takjil paling dicari saat berbuka puasa. Betapa tidak, selain rasanya manis, kurma juga mengandung banyak manfaat baik untuk tubuh. Nah, biar kamu nggak salah pilih, berikut ini beberapa tips untuk kamu:

1. Lihat Tampilan Kurma

Saat membeli kurma, pastikan kamu memperhatikan tampilan fisik dari kurma tersebut. Untuk jenis yang kering, umumnya kulit kurma tidak terasa lengket dan keras, namun terasa sedikit basah karena cairan gula yang keluar dari dalam kurma. Jika kulit kurma mengeras, bisa jadi kurma tersebut sudah tercampur dengan pemanis buatan. Inilah yang bisa memicu batuk setelah mengonsumsinya, jadi lebih baik dihindari.

Tips Memilih Kurma yang Bagus (via TVOne News)

2. Lihat Warnanya

Perlu diketahui, kurma memang memiliki beragam warna, mulai dari cokelat kehitaman, kuning, dan merah. Semua warna tersebut bukanlah masalah. Namun saat memilih kurma sebaiknya pilih yang warnanya rata dengan bagian dagingnya. Sebab pada kondisi tersebut, bisa dipastikan kurma tersebut masih segar dan layak untuk dikonsumsi.

Tips Memilih Kurma yang Bagus (via Alodokter)

3. Dikerubuti Semut Atau Tidak?

Untuk membedakan kurma asli atau dengan pemanis buatan, kamu bisa melihat apakah kurma tersebut dikerubuti semut atau tidak. Sebagai informasi, kurma yang asli tidak akan dikerubuti semut, karena rasa manis yang terkandung adalah manis alami yang tidak mengundang kedatangan semut.

Tips Memilih Kurma yang Bagus (via CNN)

4. Lihat dari Kemasannya

Saat membeli kurma, selalu pastikan kemasan kurma tertutup rapat. Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kadaluarsa kurma, apakah sudah lewat atau masih di tanggal yang aman.

Usahakan membeli kurma dengan kemasan yang masih tertutup rapat. Hal tersebut bertujuan agar kurma yang kamu beli terhindar dari debut dan kotoran yang tidak sengaja hinggap.

Nah, itu tadi beberapa tips memilih kurma yang bagus dan manis serta masih layak makan. Jangan terkecoh dengan harga ya! Buat apa beli murah kalau malah menimbulkan reaksi negatif untuk tubuh?

Tips Memilih Kurma yang Bagus (via Lentera Today)