Stop Oversharing, Ini Lho 4 Hal yang Sebaiknya Enggak Dibagi di Media Sosial

Ada beberapa hal yang sebaiknya enggak dibagi di media sosial karena sudah termasuk ranah pribadi.

Saat ini media sosial memang menjadi bagian penting dalam hidup seseorang. Karena apapun bisa kamu bagikan dan kamu dapatkan di sana. Namun sayangnya ada beberapa hal yang sebaiknya enggak dibagikan di media sosial, karena termasuk ranah pribadi.

Kemunculan media sosial memang membuat perubahan tersendiri. Selain sebagai hiburan, media sosial juga bisa dijadikan sebagai tempat berkomunikasi bahkan berdagang. Tapi jangan sampai kebablasan ya karena ada hal-hal pribadi yang sebaiknya kamu simpan sendiri dan memang bukan konsumsi publik. Apa saja?

1. Rencana Liburan

Tahu nggak sih ketika kamu membagikan rencana liburan bahkan menyebutkan tanggal dan lokasinya di mana, hal itu bisa membahayakan kamu. Bagaimana tidak, kamu enggak tahu siapa saja yang membaca status kamu di media sosial. Bisa saja orang tersebut memiliki niat jahat dan merencanakan hal buruk pada diri kamu atau rumah kamu pada saat kamu pergi berlibur.

2. Foto Selfie dengan KTP atau SIM

Hal yang Sebaiknya Enggak Dibagi di Media Sosial (via Trippers)

Maraknya kejahatan online membuat kamu harus lebih berhati-hati ketika memposting foto diri dan KTP. Hal ini bisa dimanfaatkan oknum nakal untuk memalsukan identitas supaya bisa mengajukan pinjaman online. Data kamu akan terdaftar sebagai peminjam padahal kamu tidak tahu apa-apa.

3. Berkeluh Kesah

Hal yang Sebaiknya Enggak Dibagi di Media Sosial (via Motorplus)

Mungkin kamu hanya ingin mengeluarkan uneg-uneg dalam hati agar sedikit lega. Namun rasanya kurang etis kalau kamu terlalu sering membagikan keluh kesah di media sosial. Karena tidak semua orang akan berempati terhadapmu. Mungkin ada beberapa orang justru merasa bahagia melihat kamu sedang dirundung masalah.

4. Informasi Finansial

Hal yang Sebaiknya Enggak Dibagi di Media Sosial (via Pecihitam)

Sebagian orang mungkin merasa bangga dengan jumlah gaji yang dia terima atau jumlah tabungan yang menggunung. Namun sebaiknya kamu tidak memposting hal-hal yang berbau finansial ya. Jangan sampai karena aksi pamer kamu di media sosial, kamu jadi korban orang-orang di sekitarmu.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja hal yang sebaiknya enggak dibagi di media sosial?  Ingat baik-baik ya. Karena tidak semua orang yang melihat postingan kamu adalah orang baik. Jadi waspadalah.

Hal yang Sebaiknya Enggak Dibagi di Media Sosial (via BFI Finance)