4 Tips Menata Meja Rias Agar Tak Berantakan, Jadi Rapi dan Efisien Deh!

Menata meja rias merupakan perkara penting agar skincare dan makeup tidak berantakan hingga akhirnya terbuang sia-sia. Yuk simak tips berikut ini!

Menata meja rias agar tidak berantakan merupakan perkara penting. Memiliki meja rias yang tertata rapi akan membantumu menemukan produk yang akan kamu gunakan dengan labih mudah. Selain itu, dengan mengorganisir produk kosmetik berarti akan menghemat uangmu.

Bagaimana tidak, seringnya karena produk bertumpuk-tumpuk, kamu jadi tidak menyadari jika telah memiliki sebuah barang dan terlanjur sudah membelinya lagi. Jadi mubadzir kan? Karena itu, simak tips berikut ini agar meja riasmu tidak berantakan!

1. Periksa Tanggal Kadaluarsa Produk

Saat mulai menata meja rias, ada baiknya kamu memilah dulu mana produk yang kadaluarsanya masih jauh dan yang sudah dekat. Ini penting dilakukan ya, karena seringnya seseorang akan terus membeli produk keluaran baru namun melupakan produk yang sudah tersimpan lama. Karena itu, coba cek tanggal kadaluarsa masing-masing produk dan singkirkan produk yang telah melampaui tanggal kadaluarsa.

Secara umum, mayoritas kosmetik akan tahan untuk jangka waktu 1-2 tahun, terutama untuk lipstik, foundation cair, bedak dan eye shadow. Nah, untuk produk dengan konsistensi creamy dan mengandung minyak atau butter bisa memiliki waktu simpan lebih cepat.

2. Kelompokkan Produk Berdasarkan Jenis dan Warna

Tips Menata Meja Rias (via Eva Mulia Clinic)

Cara menata meja agar tak berantakan selanjutnya adalah dengan mengelompokkan produk. Kamu bisa mengelompokkan berdasarkan jenis produk dan warna. Cara ini membantumu saat sedang mencari produk yang ingin kamu gunakan.

Jika mudah ditemukan, maka kamu tidak akan membuat meja riasmu berantakan. Contohnya kamu bisa meletakkan lipstik di laci tersendiri, lalu urutkan berdasarkan warnanya. Begitu juga dengan produk-produk yang lain.

3. Letakkan Kosmetik Berdasarkan Urutan Pemakaian

Tips Menata Meja Rias (via Blibli)

Cara anti gagal dalam menata meja rias adalah dengan meletakkan kosmetik sesuai urutan penggunaan. Letakkan produk yang sering kamu pakai di bagian paling depan dari pengelompokan produk yang sudah kamu lakukan sebelumnya. Cara ini bisa memudahkanmu saat kamu tergesa-gesa. Selain itu, kamu juga bisa mengingat dengan baik produk mana saja yang kamu butuhkan.

4. Gunakan Organizer

Tips Menata Meja Rias (via Tribunnews)

Setelah produk-produk dikelompokan, saatnya kamu menata produk dengan rapi. Jika meja riasmu tidak memiliki banyak laci atau tempat penyimpanan, maka kamu bisa menggunakan organizer. Saat ini banyak organizer berbahan akrilik yang dijual dipasaran, mulai dari yang berbentuk laci hingga rak putar.

Organizer ini akan membantumu menyimpan produk makeup dengan rapi sesuai kelompoknya masing-masing. Selain itu, produk akrilik yang transparan dapat membantumu dalam melihat isi dilamanya dan memudahkan dalam mencari kosmetik yang kamu perlu gunakan.

Itulah 4 tips menata meja rias agar tak berantakan yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan cara di atas, kau bisa membuat meja rias lebih rapi sehingga semakin semangat berdandan. Selamat berbenah!

Tips Menata Meja Rias (via Kompas)