3 Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur, Puasa Jadi Lebih Lancar Deh!

Ternyata ada sejumlah minuman yang harus dihindari saat sahur demi kelancaran ibadah puasa. Apa saja?

Sahur merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan tubuh agar lebih berenergi saat puasa keesokan harinya. Namun ternyata ada sejumlah minuman yang harus dihindari saat sahur demi kelancaran ibadah puasa.

Perlu diketahui bahwa mencukupi kebutuhan air saat puasa tentunya sangat penting. Mengingat saat puasa, seseorang tidak boleh makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Nah, agar terhindar dari dehidrasi, minum minimal 2 gelas saat sahur sangat dianjurkan. Selain itu, ada beberapa minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur. Apa saja?

1. Kopi

Jika kamu terbiasa memulai aktivitas dengan minum kopi, sebaiknya minuman ini dihindari dulu saat sahur ya. Terutama untuk kamu yang memiliki gangguan asam lambung. Sebab, minum kopi saat sahur dapat meningkatkan risiko iritasi lambung, asam lambung meningkat, dan melemahkan klep yang memisahkan lambung dengan kerongkongan.

Selain itu, kopi juga bisa menyebabkan kamu sering buang air kecil. Kondisi tersebut akan membuatmu dehidrasi dan cepat haus saat puasa. Padahal, cadangan cairan tubuh harus tetap terjaga saat puasa agar kamu tidak lemas.

2. Minuman Manis

Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur (via Mitra Bukalapak)

Banyak orang yang menyarankan mengonsumsi minuman manis saat sahur. Tujuannya agar tubuh menjadi lebih berenergi. Namun sebenarnya minuman manis seperti jus buah kemasan tidak disarankan diminum saat sahur. Sebab, kandungan gulanya yang tinggi dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah, sehingga kamu akan merasa lemas dan mengantuk saat berpuasa.

3. Minuman Bersoda

Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur (via Grid)

Bagi sebagian orang, minuman bersoda adalah favoritnya. Tapi tahukah kamu kalau minuman bersoda tidak disarankan untuk diminum saat sahur. Sebab, mengkonsumsi minuman soda saat perut sedang kosong, dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

Tidak hanya itu, minuman bersoda juga mengandung karbon dioksida yang dapat membuat perut kembung dan mual. Pastinya, kondisi ini akan mengganggu ibadahmu, kan? Jadi jika ingin puasamu lancar, sebaiknya hindari minuman ini ya.

Nah, itu tadi beberapa minuman yang harus dihindari saat sahur untuk mencegah dehidrasi berlebihan dan puasa menjadi lebih lancar. Untuk lebih amannya, sebaiknya kamu memang mengonsumsi air putih dengan jumlah cukup agar cairan tubuh tetap terjaga.

Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur (via Klikdokter)