Mahasiswa Papua di Pulangkan Polisi, Usai Lakukan Aksi di Surabaya

Mahasiswa Papua di pulangkan oleh pihak kepolisian Surabaya ke daerah asalnya.

Mahasiswa asal Papua menggelar aksi demonstrasi di Surabaya Sabtu (1/12) sabtu pagi. Aksi demonstrasi mahasiswa Papua tersebut, yakni dalam rangka peringatan 57 tahun Papua Barat.

Mereka dalam aksinya menuntut agar rakyat Papua diberi kebebasan menentukan nasibya. Beberapa mahasiswa juga nampak membawa atribut Bintang Kejora.

Tidak hanya sampai disitu saja, para mahasiswa ini juga meneriakkan revolusi West Papua. Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan sejumlah ormas.

Pasca menggelar aksinya tersebut, mahasiswa Papua, akhirnya langsung di pulangkan ke daerah asalnya masing-masing Sabtu (1/12). Pada saat proses pemulangan ini, para mahasiswa mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Aksi demonstrasi (statik.tempo.co)

Upaya tersebut dilakukan pihak kepolisian, guna menghindari bentrokan susulan yang sebelumnya mendapat penolakan dari ormas kepemudaan. Sejumlah mahasiswa ini dipulangkan ke daerah asal tempat pendidikannya di sejumlah daerah seperti di Jawa dan Bali, dikutip dari Kompas.tv.

Proses pemulangan mahasiswa Papua (cdn.idntimes.com)

Pihak kepolisian bersenjata lengkap diterjunkan guna mengamankan proses pemulangan sejumlah mahasiswa Papua tersebut. Banyaknya ormas yang berdatangan ke asrama mahasiswa Papua, membuat pihak kepolisian memperketat penjagaan dan proses evakuasi pemulangan sejumlah mahasiswa Papua tersebut.

Pihak kepolisian berjaga-jaga (poskotanews.com)